Ekonomi Indonesia Diprediksi Bangkit Akhir Tahun 2020, Ini Penjelasannya

JAKARTA – Wabah pandemi virus Covid-19 atau virus corona berdampak terhadap ekonomi dunia, tak terkecuali ekonomi Indonesia.

Bahkan, sejumlah ekonom memprediksi, situasi ini dapat membawa krisis terparah sepanjang sejarah.Pasalnya, virus ini sudah menyerang sebanyak 210 negara di dunia dan menghambat pertumbuhan ekonomi global.Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani mengatakan, hal ini akan sangat berdampak bagi ekonomi Indonesia.Menurut Menkeu, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mengalami tekanan yang sangat berat selama kuartal dua dan tiga.

“Kalau ini agak lama skenarionya, memang kuartal dua dan tiga kemungkinan tekanannya sangat besar. Pertumbuhan bisa mendekati 0 dan 1,5 % atau negatif -2 persen.” Kata Srimul saat memberikan konfrensi pers (14/4/2020).

Mantan Direktur Bank Dunia tersebut memprediksi, ekonomi Indonesia bisa mulai bangkit pada kuartal ketiga tahun 2020, dengan catatan Pandemi Virus Covid-19 atau corona sudah dapat ditangani dengan baik.

“Kita berharap recovery sudah bisa dimulai pada kuartal terakhir tahun ini. Dan momentum ini akan terus diakselerasi di tahun 2021″ imbuhnya.

Pemerintah berharap, agar virus Covid-19 atau corona ini dapat segera teratasi, sehingga proses recovery ekonomi dapat segera diwujudkan.

Sumber: Kompas.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only