Potensi penurunan harga BBM non subsidi sulit terjadi dalam waktu dekat

JAKARTA. Pemerintah tengah getol memberikan stimulus di sektor energi bagi masyarakat, salah satunya diskon dan penurunan tarif listrik golongan tertentu. Namun, kebijakan seperti itu belum tentu berlaku untuk harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang hingga saat ini belum mengalami penurunan selama masa pandemi Covid-19.

Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan menganggap wajar apabila pemerintah belum mengeluarkan kebijakan penurunan harga BBM, khususnya nonsubsidi. Terlebih, PT Pertamina (Persero) selaku operator penjualan BBM memiliki cakupan bisnis yang luas, mulai dari sektor hulu dan terintegrasi hingga sektor hilir.

“Dengan kondisi seperti itu, ada banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan pemerintah,” imbuh dia, Rabu (2/9).

Kinerja Pertamina pun tengah tertekan di tengah pandemi Covid-19. Di semester satu lalu, perusahaan pelat merah ini membukukan rugi bersih mencapai US$ 767,91 juta. Total penjualan dan pendapatan usaha lainnya Pertamina juga merosot 19,81% (yoy) menjadi US$ 20,48 miliar.

Jika kebijakan penurunan harga BBM nonsubsidi diberlakukan saat kinerja Pertamina belum pulih, dikhawatirkan akan menambah beban perusahaan tersebut di kemudian hari. Lagi pula, pemerintah juga harus mematuhi amanat dalam Keputusan Menteri ESDM No. 62K/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran BBM jenis Bensin dan Solar.

Komponen-komponen pembentuk harga BBM juga bervariasi dan seluruhnya harus dipertimbangkan secara matang oleh pemangku kebijakan. Tak hanya mengacu pada harga minyak mentah seperti jenis West Texas Intermediate (WTI) dan Brent saja, melainkan juga Indonesia Crude Price (ICP) hingga komponen lain seperti kurs rupiah, marjin badan usaha, serta pajak.

“Saat ini mungkin agak sulit menurunkan harga BBM, kecuali pemerintah tiba-tiba punya keputusan lain,” kata Mamit.

Dia juga menilai, meski harga BBM nonsubsidi belum diturunkan, kebijakan bisnis Pertamina yang kerap memberikan promo atau diskon pembelian produk BBM cukup positif untuk membantu daya beli masyarakat yang tertekan akibat pandemi Corona.

Sumber: Kontsn.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only