Tahun 2022, Kanada Rencanakan Tarik Pajak Google CS

Kanada berencana untuk mengenakan pajak pada Google CS pada tahun 2022, meskipun hal itu akan tetap berlaku efektif sampai negara-negara besar lain mencapai kesepakatan dengan perusahaan digital raksasa tersebut. Hal itu disampaikan oleh Departemen Keuangan Kanada.

Saat ini, Organisasi Ekonomi Dunia sedang berusaha untuk memastikan dapat menjerat perusahaan raksasa digital untuk membayar bagian pajak mereka. Terlebih kala Covid-19 menghatam anggaran.

Pemerintah Kanada mengatakan pihaknya prihatin tentang penundaan dalam mencapai kesepakatan. Pajak baru akan mulai berlaku pada 1 Januari 2022, dan tetap berlaku sampai pendekatan bersama disepakati. Langkah tersebut akan meningkatkan pendapatan pemerintah Kanada sebesar USD 2,6 miliar selama lima tahun, dimulai pada tahun fiskal 2021-2022.

“Warga Kanada menginginkan sistem pajak yang adil, di mana setiap orang membayar bagiannya secara adil,” kata Menteri Keuangan Chrystia Freeland seperti dilaporkan Reuters, Selasa (1/12).

Dilanjutkan Freeland, pihak tak segan-segan akan bertindak secara sepihak jika perlu untuk menerapkan pajak kepada Google CS.

“Kanada akan bertindak secara sepihak, jika perlu, untuk menerapkan pajak pada perusahaan digital multinasional besar, jadi mereka membayar bagian yang adil seperti perusahaan lain yang beroperasi di Kanada,” terang dia.

Sumber : merdeka.com, Selasa, 1 Desember 2020

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only