NZIA Memacu Penjualan Rumah Subsidi

JAKARTA. PT Nusantara Almazia Tbk (NZIA) belum akan menggarap proyek baru pada tahun ini. Pengembang properti tersebut masih akan fokus pada penjualan dan pembangunan sejumlah proyek yang telah berjalan sejak beberapa tahun lalu.

Misalnya, proyek milik entitas anak PT Sarana Inti Sejati (SIS) yakni rumah bersubsidi dari program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bernama Serasi Indah di Karawang Timur, Jawa Barat. Pada tahun ini, Nusantara Almazia memproyeksikan penjualan rumah murah mencapai 1.000 unit atau setara Rp 150,5 miliar.

“Serasi Indah dibangun sejak akhir 2019. Per Desember 2020 sudah ada penjualan 476 unit dan untuk kuartal I 2021 sudah 188 unit,” ungkap Nur Anisa, Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Nusantara Almazia Tbk, saat dihubungi KONTAN, Minggu (2/5).

Selain rumah subsidi, NZIA mengembangkan proyek non-FLPP atau komersial bernama Saung Kebun. Proyek ini juga berlokasi di Karawang. Manajemen Nusantara Almazia menargetkan mampu menjual rumah komersial sebanyak 33 unit atau sekitar Rp 9,4 miliar di sepanjang tahun 2021.

“Untuk Saung Kebun, ada beberapa tipe rumah, yakni 36/72, 36/78 dan 36/90 dengan kisaran harga Rp 350 juta hingga Rp 450 juta per unit,” terang Anisa.

Kedua proyek perumahan NZIA memiliki nilai investasi mencapai Rp 76 miliar dengan target penjualan keduanya sebesar Rp 160 miliar di sepanjang tahun ini.

Nusantara Almazia memproyeksikan kinerja bisnis pada tahun ini akan pertumbuhan dibandingkan realisasi di tahun lalu. Kenaikan tersebut utamanya akan ditopang oleh stimulus dan kebijakan pemerintah di sektor properti, di antaranya pengadaan LTV 100% dan relaksasi PPN 0% untuk penjualan rumah yang berlaku hingga Agustus mendatang.

Di sepanjang tahun lalu, NZIA membukukan pendapatan sebesar Rp 80,73 miliar. Jumlah tersebut tumbuh 240,17% secara tahunan (yoy) dibandingkan perolehan pendapatan di tahun 2019 yang senilai Rp 23,7 miliar.

Menurut Anisa, tren penjualan Nusantara Almazia di kuartal I-2021 mengalami kenaikan dibanding dengan realisasi penjualan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sumber: Harian Kontan, Senin 03 Mei 2021 hal 12

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only