Ditjen Pajak Kemenkeu optimistis target penerimaan pajak tahun 2021 akan tercapai

JAKARTA. Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Neilmaldrin Noor menyampaikan realisasi penerimaan pajak sampai dengan akhir Oktober 2021 tumbuh 15% year on year (yoy).

Hitungan Kontan.co.id, dengan realisasi penerimaan pajak di periode Januari-Oktober 2020 sebesar Rp 826,94 triliun, maka capaian pada Januari-Oktober 2021 sejumlah Rp 950,98 triliun. Angka tersebut setara dengan 77,34% terhadap target akhir 2021 sebesar Rp 1.229,6 triliun.

Setali tiga uang, otoritas pajak perlu menjaring setoran sebesar Rp 278,62 triliun agar mencapai target penerimaan tahun ini. Neilmaldrin menyampaikan pihaknya yakin bisa memenuhi tugas sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2021 tersebut.

Sebab, Neilmaldrin bilang pencapaian penerimaan pajak sampai akhir tahun mengindikasikan pemulihan yang terus berlangsung. Karenanya, pada periode sebelumnya, yakni Januari-September 2021, pertumbuhan penerimaan pajak sudah mencapai 13,4% yoy.

Ia mengatakan, pertumbuhan penerimaan pajak Januari-Oktober 2021 juga telah melebihi angka pertumbuhan yang diharapkan APBN, yaitu 14,7% yoy. Neilmaldrin mengatakan pihaknya berekspektasi pertumbuhan penerimaan pada bulan November dan Desember 2021 minimal 15% yoy. Hal ini didukung dengan tren meningkatnya aktivitas perekonomian.

“Sepanjang tingkat penerimaan bulan November dan Desember sama dengan bulan Oktober dan tidak ada kejadian luar biasa di dua bulan terakahir nanti, DJP yakin dapat memenuhi tugas penerimaan yang diembankan dalam APBN,” kata Neilmaldrin, Senin (8/11).

Sumber : Kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only