Sri Mulyani: Pajak Merupakan Tulang Punggung Negara

Pemerintah Akan Berlakukan Pajak Baru untuk Freeport
July 18, 2018
Sri Mulyani Akui Penerimaan Pajak UMKM Masih Rendah
July 18, 2018

JAKARTA, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pentingnya pajak untuk mendukung perekonomian negara. Dirinya mencontohkan negara sebagai tubuh manusia sementara pajak merupakan tulang punggung yang memiliki fungsi vital, tidak hanya dalam menopang tubuh untuk tetap berdiri tegak, tetapi juga tempat melekatnya syaraf-syaraf vital yang membuat manusia dapat beraktivitas secara normal.

Sehingga, menjadi penting untuk berbagai pihak yang terlibat dalam aktivitas perpajakan, yaitu institusi perpajakan untuk menjalankan fungsinya dengan baik, sementara wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya secara tertib. “Jika kita tidak mampu menjaga dan memelihara tulang punggung kita dengan baik, tulang punggung tersebut menjadi rapuh dan bongkok, yang lambat laun berakibat pada kelumpuhan di seluruh tubuh,” jelas mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini dalam pidatonya ketika menjadi inspektur upacara perayaan Hari Pajak di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen) Pajak, Sabtu (14/7/2018).

Sri Mulyani melanjutkan, kegagalan dalam mengoptimalkan penerimaan pajak dapat berakibat pada sendi-sendi aktivitas kehidupan bernegara dan menghambat pencapaian cita-cita menuju masyarakat adil, makmur, dan sejahtera. Sebab, pajak memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan negara “Oleh karena itu, anda yang bekerja di Ditjen Pajak tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa anda mengemban amanah yang sangat penting bagi republik ini,” ujar dia Dia menuturkan, penerimaan perpajakan berkontribusi sekitar 83 persen dari total pendapatan negara.

Angka yang besar ini, ujar Sri Mulyani, akan berpengaruh terhadap keberlanjutan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, serta mengurangi pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only