Hapus Tarif Impor Barang

Pemerintah Inggris akan menghapus tarif impor barang dan menghindari perbatasan dengan aturan keras antara Irlandia dan Irlandia Utara, jika Brexit tak ada kesepakatan.

Pemerintah mengumumkan langkah-langkah tersebut sebagai langkah sementara jelang pemungutan suara oleh parlemen pada Rabu malam waktu setempat untuk menentukan apakah Inggris harus meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan pada 29 Maret 2019 atau hard Brexit.

Mengutip Reuters kemarin, Perdana Menteri Inggris Theresa May kembali kalah melawan parlemen dalam kesepakatan pemisahan Brexit pada Selasa (12/3). Dalam rencana tarif untuk Brexit tanpa kesepakatan, 87% dari total impor ke Inggris berdasarkan nilai akan memenuhi syarat untuk akses bebas tarif, naik dari 80% yang berlaku saat ini.

Di perbatasan Irlandia, pemerintah tidak akan memberlakukan pemeriksaan atau kontrol baru bagi barang yang berasal dari Republik Irlandia ke provinsi Inggris di Irlandia Utara, jika Brexit tak ada kesepakatan. Selain itu, barang-barang yang melintasi perbatasan Irlandia ke Irlandia Utara tidak akan dikenakan tarif impor baru.

Sumber: Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only