Aturan Insentif Pajak 200 Persen dan PPnBM Mobil Target Terbit Semester I 2019

Pajak Mobil LCGC Akan Naik 3 Persen, Ini Kata Suzuki Indonesia
March 18, 2019
Begini Cara Perbaiki Sistem Perpajakan di Indonesia
March 18, 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pihaknya menargetkan aturan mengenai super deductible tax atau insentif pajak sebesar 200 persen akan keluar pada semester I tahun ini. Aturan tersebut sudah memasuki tahap finalisasi.

Menurut dia, poin-poin usulan Kemenperin yang akan dimasukkan dalam aturan pun sudah disetujui oleh Kementerian Keuangan. Aturan ini nantinya akan dikeluarkan bersamaan dengan aturan mengenai Pajak Pertambahan nilai Barang Mewah (PPnBM).

“Sudah difinalisasi. Nanti keluar bersamaan dengan PPnBM untuk otomotif. Kita tunggu draftnya. Mudah-mudahan semester ini,” kata dia, saat ditemui, di BSD, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (12/3).

Ketua umum Partai Golkar ini menegaskan, pemerintah tentu berupaya mempercepat penerbitan dua aturan tersebut. Terkait aturan mengenai PPnBM, pemerintah telah melakukan konsultasi dengan DPR.

“Targetnya sesudah kemarin konsultasi dengan DPR, bisa lebih cepat,” jelas dia.

“Untuk super deduction tax itu kewenangan di pemerintah tidak perlu konsultasi. Jadi, ini akan menjadi satu paket karena ini semua masuk dalam PP (Peraturan Pemerintah). PP bareng yang PPnBM terbit Semester I,” imbuhnya.

Sebagai informasi, super deductible tax mengatur skema pemberian insentif fiskal berupa keringanan pajak untuk industri yang berinvestasi untuk kegiatan vokasi serta kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D).

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only