Damai Dagang Mendekat, China Tunda Kenakan Bea Impor Mobil AS

Dewan Negara China pada hari Minggu (31/3/2019) mengatakan pemerintah akan terus menunda pengenaan bea impor tambahan terhadap kendaraan-kendaraan dan suku cadang dari Amerika Serikat (AS) setelah 1 April.

Ini adalah wujud itikad baik menyusul langkah AS menunda kenaikan bea masuk terhadap berbagai impor dari China.

Di Desember, China mengatakan akan menunda pengenaan tarif impor sebesar 25% terhadap kendaraan dan suku cadang buatan AS selama tiga bulan menyusul gencatan senjata perang dagang antara dua ekonomi terbesar di dunia itu.

Dewan Negara atau kabinet China mengatakan langkah yang diambil hari Minggu itu bertujuan untuk terus menciptakan atmosfer yang baik bagi negosiasi dagang antara kedua belah pihak, dilansir dari Reuters.

“Ini adalah reaksi positif terhadap keputusan AS menunda kenaikan bea impor dan aksi konkret (oleh China) untuk mendukung negosiasi dagang bilateral,” kata Dewan Negara.

“Kami berharap AS dapat bekerja sama dengan China, mempercepat perundingan, dan membuat upaya konkret demi mencapai tujuan menghapuskan ketegangan perdagangan.”

Pemerintah juga mengatakan akan secara terpisah mengumumkan kapan penundaan itu akan berakhir.

Presiden AS Donald Trump pada hari Jumat mengatakan pembicaraan perdagangan dengan China berlangsung sangat baik. Namun, ia juga memperingatkan bahwa ia hanya akan menerima kesepakatan yang sangat baik.

Ia mengungkapkan hal tersebut setelah para pejabat tinggi AS dan China menyelesaikan pembicaraan selama dua hari di Beijing pekan lalu. Pembicaraan akan dilanjutkan pekan ini di Washington.

Sumber: CNBC Indonesia


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only