BI Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor dan Go Digital

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa menembus pasar ekspor. Kepala Departemen UMKM dan Perlindungan Konsumen, Budi Hanoto mengatakan UMKM di Indonesia memiliki potensi besar untuk menembus pasar ekspor, asalkan kualitas produk sangat baik dan mampu menghadapi perkembangan digital.

“Saat ini binaan BI yang sudah ekspor ada 91 UMKM dan kami menyiapkan sisanya agar siap ekspor,” kata Budi dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Dia mengungkapkan, salah satu tantangan UMKM di Indonesia adalah digitalisasi. Hal ini karena banyaknya pelaku yang masih berada di remote area sehingga infrastruktur yang ada tidak sama dengan UMKM yang ada di perkotaan.

Budi menambahkan, kadang ada UMKM yang berada di daerah blankspot dan terkendala jaringan untuk masuk ke digital. Akses digital menjadi hal yang sangat penting karena bisa meningkatkan pemasaran produk UMKM.

“Jadi mendekatkan pembeli dan penjual. Karena itu BI juga membina UMKM agar bisa terus masuk ke ranah digital,” jelas dia.

Salah satu cara BI mendorong kemajuan UMKM dengan menggelar pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019. Budi menjelaskan dalam acara tersebut UMKM binaan BI akan memamerkan produk unggulan yang berkualitas baik.

“Nanti UMKM bisa memamerkan kain atau busana yang memiliki nilai budaya dan mengangkat citra daerah, serta memiliki nilai ekonomis tinggi serta berkualitas ekspor. Selain itu pula ada produk kerajinan, makanan/minuman, kopi Indonesia hingga kuliner nusantara,” kata dia.

Rangkaian acara KKI 2019 terdiri dari pameran busana dari desainer nasional dan lokal yang menggunakan kain olahan dari UMKM binaan BI. Kemudian juga ada parade kain nusantara, diskusi bisnis antara UMKM dengan lembaga pendukung seperti marketplace, eksportir, agregator, importir dan potential buyer.

Selain itu juga akan digelar talkshow dengan tema UMKM menembus pasar internasional hingga workshop, lomba dan demo masak. Talkshow pemanfaatan platform digital untuk memperluas UMKM juga digelar untuk memfasilitasi pelaku usaha yang ingin mengembangkan diri.

Pameran KKI 2019 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 12-14 Juli 2019. Tak ada biaya untuk tiket masuk ke pameran ini, untuk bertransaksi jangan lupa siapkan uang elektronik atau kartu debit sampai kartu kredit.

Sumber : Detik Finance

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only