Sri Mulyani Sebut Perang Dagang AS-China Turunkan Ekonomi Dunia 0,5%

JAKARTA, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, perang dagang yang semakin memanas antara Amerika Serikat (AS) dan China dapat menggerus pertumbuhan ekonomi global sebesar 0,5%.

“Kondisi ketidakpastian ini menyebabkan the real capital out flow dan kemudian pertumbuhan ekonomi dunia dan perdagangan dunia mengalami pelemahan,” ujar dia dalam acara Diskusi Forum ILUNI FEB UI di Graha Niaga, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Dia menuturkan, proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini turun 0,5% dari 3,9% ke 3,4%, yang kemudian direvisi lagi menjadi 3,2%. Di mana angka penurunan 0,5% tersebut sebanding dengan kehilangan satu kali pertumbuhan ekonomi di negara Afrika Selatan.

“Oleh karena itu Pemerintah mengaku terus mengantisipasi adanya perang dagang antara Amerika Serikat dengan China,” kata dia.

Baca Juga: Ekonomi RI Melambat, Apa Strategi Sri Mulyani?

Dia menambahkan, Indonesia masih dapat menangkal gejolak tersebut dengan terus menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi domestik, jugan menggenjot konsumsi rumah tangga dan investasi.

“Kita punya fleksibilitas, karena Indonesia masih memiliki pertumbuhan ekonomi domestik, ini bagus untuk bantalan,” pungkas dia.

Sumber : okezone.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only