Sri Mulyani Selektif Beri Insentif Fiskal ke Industri

JAKARTA, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan konsisten mendukung peningkatan ekspor, investasi, dan daya saing industri. Hal itu dilakukan dengan pemberian insentif fiskal dan skema pajak.

Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Rofyanto Kurniawan mengatakan, pemberian insentif fiskal dan pajak akan diberikan bagi industri yang mendukung pendidikan vokasi serta penelitian dan pengembangan.

“Namun, kami (pemerintah) dalam mendesain kebijakannya harus lebih selektif. Insentif seharusnya diberikan untuk sektor-sektor yang memang mau didorong. Intinya pemerintah dalam memberikan insentif harus selektif,” ujar dia di Gedung BI Jakarta, Senin (12/8/2019).

Salah satu contohnya, selektif dalam menentukan objek penerima insentif dengan hanya memberikan insentif untuk industri yang memiliki daya saing.

“Sehingga industri tersebut lebih terpacu untuk menghasilkan produk yang mampu bersaing di kancah internasional,” kata dia.

Dia menuturkan insentif yang diberikan harus berdampak luas terhadap industri secara keseluruhan. Maka itu, dalam penyusunan kebijakan insentif, pemerintah perlu mengkajinya dengan melihat pohon industri nasional.

Sumber : okezone.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only