KTT G7 yang minim aksi

PARIS. Konferensi tingkat tinggi (KTT) G7 di Biarritz, perancis senin (26/8) resmi berakhir, kendati mengagendakan pembahasan beberapa isu, namun pertemuan itu tak berujung ke hasil konkrit, kecuali kesepakatan penanggulangan kebakaran di kawasan hutan amazon.

Padahal, ada banyak isu menarik lain yang dibahas di pertemuan itu, mulai persoalan perang dagang hingga konflik antar negara. Berikut beberapa isu yang dibahas:

Kebijakan pajak teknolog atas perusahaan raksasa, seperti google, facebook dan apple merupakan salah satu pembahasan yang paling di tunggu. Pada minggu (25/8) kemarin wakt setempat menteri keuangan perancis bruno le maire bertemu menteri keuangan amerika seikat (AS) Steven mnuchin termasuk perwakilan perdagangan AS Robert Lightizer.

AS memahami langkah prancis menarik pajak atas para jawara teknologi itu. Seperti di beritakan Bloomberg, AS telah menyetujui kesepakatan pajak tersebut untuk mencegah peningkatan ketegangan atas pajak prancis yang di kenakan perusahaan teknologi.

Prancis berjanji untuk menghormati kebijakan pajak, dan bersedia mengembalikan perbedaan-perbedaan kesepakatan pada industri digital jika nilai pajaknya lebih rendah dengan yang ditetapkan prancis jika distujui AS berjanji tidak akan mengenakan tarif pembalasan ntuk bisnis anggur di prancis.

Salah satu kejutan dalam KTT G7 adalah kedatangan menteri luar negeri iran mohammad javad zarif pada minggu malam (25/8) waktu setempat. Kedatangan zarif ke pertemuan itu dianggap sebagai upaya memecahkan kebuntutan diplomatik dalam permasalahan program nuklir teheran.

Zarif  datang  atas undangan dari tuan rumah pertemuan, yaitu presiden prancis emmanuel macron, yang berusaha meedakan tensi antara iran dan amerika serikat.

Pembahasan yang tidak kalah penting adalah perundingan ulang antara AS dan China.Prsiden as donald trump mengaku pemerintah china telah memanggil timnya dari washington sebagai upaya memulihkan kembali preundingan dagang. “china memanggil orang –orang perdagangan kami dan berkata untuk kembali ke meja preundingan “kata trump. Pemerintah AS di perkirakan akan menerima undangan perundingan china, hingga negosiasi dapat berlanjut.

Sementara untuk british exit (brexit), trump juga menjanjikan kesepakatan perdagangan dalam jumlah besar ketika inggris keluar dari kawasan Eropa.”kami menantikan beberapa pembicaraan yang cukup komprehensif, terutama pada perdagangan,” ujar perdana menteri inggris boris johnson.

Sumber: Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only