SBN Global bikin subsidi pajak melonjak

JAKARTA. Realisasi anggaran subsidi pajak meonjak signifikan. Hingga akhir bulan julu lalu, realisasinya mencapai 5,6 trilliun atau tumbuh 362,7% dibanding dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Direktur penyuluhan, pelayanan dan humas direktorat jenderal (dirjen) pajak hestu yoga saksama menjelaskan,kenaikan realisasi subsidi pajak yang signifikan itu, sejak dengan kenaikan total outstanding SBN global yang di terbitkan oleh indonesia pada tahun ini. Selain itu, peningkatan subsidi pajak berasal dari pencairan pajak penghasilan (pph) yang ditanggung pemerintah (DTP) atas bunga SBN di pasar global.

Karena itulah sebagian besar alokasi subsidi pajak tahun ini, memang ditunjukan untuk pph atas SBN global. “Dari alokasi subsidi pajak sebesar RP 11,4 trilliun untuk tahun 2019, terbesar atau hampir 90% untuk pajak DTP SBN di pasar internasional,”kata hestu, Rabu (28/8).

Adapun SBN global yang dimaksud, terdiri dari SUN maupun suku negara yang diterbitkan dalam mata uang asing. Pengalokasian subsidi pph bunga SBN global, bertujuan untuk meningkatkan daya saing SBN Indonesia di pasar internasional.

Sumber: Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only