RI Masih Menarik di Mata Investor? Ini Kata Bos Samsung

Omnibus Law Sektor UMKM Mulai Disusun, Ini Beberapa Pokok Bahasannya
November 8, 2019
KPP Pratama Timika optimistis mampu lampaui target penerimaan pajak
November 8, 2019

VP Corporate Affair Samsung Indonesia, Kang Hyun Lee menyatakan Indonesia masih menarik bagi investor. Alasannya, jumlah penduduk Indonesia yang besar dan didominasi usia muda.

Namun menurutnya Indonesia harus melakukan beberapa pembenahan. Pertama, soal regulasi tax holiday dan tax allowance. Aturan ini baik tetapi promosi masih kurang dan benefit yang diberikan belum cocok dengan dunia bisnis.

“Pemerintah harus lihat negara tetangga, harus adaptasi dengan kondisi Indonesia. Jadi penjualan lokal bangkit, investor pun bisa naik (bertambah),” ujarnya dalam wawancara dengan CNBC Indonesia TV, Selasa (5/11/2019).

Selain itu, Indonesia harus membenahi ease of doing business (kemudahan berbisnis). Menurut Kang Hyun Lee, Indonesia tidak bergerak begitu cepat dari Vietnam dan China, tetapi secara jangka panjang Indonesia akan bisa menang.

“Karena pangsa pasar besar dan bisa cepat bangkit bisnis. Vietnam banyak perusahaan investasi ke sana, seperti China mereka bisa berkuasa. Tetapi Indonesia sudah 30 tahun, kenaikan tidak besar tapi tetap jalan karena negaranya luas dan pangsanya macam-macam. Indonesia sangat menarik bagi investor. Harus lihat jangka panjang dan sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

“Saya sudah meminta headquarter (kantor pusat) untuk menambah produksi dari Indonesia. Kami tetap mempertimbangkan [investasi], industri atau teknologi baru. Kalau bisa terkoneksi dengan kebijakan pemerintah [tentu bagus]. Kami masih usahakan.”

Sumber : CNBC Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only