Pajak Trump untuk Apple

Washington, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tengah mempertimbangkan membebaskan Apple Inc dari tarif impor barang China. “Kami melihat itu,” kata Trump seperti dikutip Reuters, Rabu (20/11) setelah berkeliling di pabrik Apple di Austin, Texas bersama CEO Apple, Tim Cook.

Cook yang memiliki hubungan kuat dengan Trump mencari bantuan agar Apple terhindar dari pengenaan tarif AS. Namun Trump merasa harus bertindak adil dengan produsen ponsel lain seperti Samsung. Sebab, AS telah memiliki kesepakatan dagangan juga dengan Korea Selatan. “Kami harus memperlakukan Apple seperti kami memperlakukan Samsung,” kata Trump.

September lalu, Apple mengumumkan, akan memproduksi Mac Pro baru di Austin. Pengumuman itu datang beberapa hari setelah regulator perdagangan AS menyepakati 10 dari 15 permintaan pembebasan tarif yang diajukan Apple di tengah penangguhan sanksi yang lebih luas atas pungutan pada komponen komputer. Awal bulan ini, Apple juga meminta penghapusan tarif pada Apple Watches bikinan China.

Sumber : Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only