Menkeu : Waspada Serbuan Impor Ilegar di Akhir Tahun

JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta jajaran Direktorat Jendral(Ditjen) Bea dan Cukai untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap serbuan barang-barang impor. Sebab biasanya, menjelang akhir tahun, barang impor ilegal lebih marak. “Menjelang akhir tahun kita dihadapkan pada serbuan barang ilegal maupun barang yang melalui proses produksi yang tidak fair played,” katanya kemarin.
Menurut Sri Mulyani, masuknya barang ilegar berpotensi membuat perekonomian lesu dan menekan daya saing dunia usaha. Ini bertentangan dengan prioritas Presiden yang ingin menjaga daya saing dari sisi ekonomi. Oleh karena itu, Menkeu meminta Ditjen Bea Cukai juga bersinergi dengan Ditjen Pajak untuk mengantisipasi masalah tersebut. Tapi, sinergi otoritas kepabeanan dan perpajakan ini harus melakukan usaha ekstra.
Utamanya Sri Mulyani, melegitimasi dari sisi proses barang yang masuk. Lalu, dari sisi perhitungan pajak yang harus diimportir bayar. Serta, tidak lupa untuk memperhatikan daya saing industri lokal sehingga bisa bersaing dengan barang-barang dari luar negeri.

Sumber : harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only