Pajak, Penjaga Kedaulatan Indonesia

Amankan Penerimaan Perpajakan, Sri Mulyani Minta Dukungan Pemda
January 16, 2020
DJP Minta TNI Rajin Setor Pajak Agar RI Tak Bergantung Utang
January 16, 2020

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan memberikan sosialisasi pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) kepada seluruh perwira menengah Kodam Jaya/Jayakarta. Sosialisasi dan pengisian langsung tersebut diikuti oleh 255 perwira.

Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Timur, Arfan, mengatakan pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang digunakan untuk mendukung pembangunan suatu negara. Pajak juga merupakan salah satu instrumen pembiayaan tanpa resiko. Berbeda dengan pinjaman asing.

“Penerimaan pajak ini sumber untuk kita berkegiatan yang risikonya paling rendah atau paling aman. Kita tahu juga sumber penerimaan lain untuk kita berkegiatan itu pinjaman, kita sama sama tahu pinjaman luar negeri itu sangat berisiko, kita akan sangat tergantung dan sangat didikte oleh negara-negara yang memberikan pinjaman,” paparnya di Makodam Jaya, Jakarta, Kamis (16/1).

Dia menambahkan, untuk mempermudah pelaporan SPT, pemerintah sudah menggagas pelaporan secara online atau e-filling. E-filling diharapkan mampu mendorong peningkatan kepatuhan pajak di Indonesia.

“Pengisian SPT pajak semakin mudah diharapkan semakin patuh. Tentunya dengan teknologi kita manfaatkan, makanya hari ini kita coba. Sebenarnya sudah beberapa tahun ini kita gunakan e-Filling jadi pelaporan melalui elektronik,” tandasnya.

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only