Dalam dokumen pemakzulan, Demokrat: Trump membahayakan keamanan AS

WASHINGTON. Anggota parlemen Demokrat AS yang memimpin kasus impeachment alias pemakzulan terhadap Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump mengatakan pada hari Sabtu (18/1) bahwa presiden harus dicopot dari jabatannya untuk melindungi keamanan nasional dan melestarikan sistem pemerintahan negara itu.

Melansir Reuters, dalam dokumen setebal 111 halaman yang diajukan sebelum persidangan Senat kasus Trump, para anggota parlemen mengemukakan argumen mereka yang mendukung dakwaan penyalahgunaan kekuasaan dan obstruksi Kongres terhadap presiden.

“Senat harus menghukum dan memakzulkan Presiden Trump untuk menghindari kerusakan serius dan jangka panjang pada nilai-nilai demokrasi kita dan keamanan negara,” kata anggota parlemen itu, untuk pertama kalinya secara resmi meminta Senat untuk menghukum presiden dan memecatnya dari jabatan.

“Kasus terhadap presiden Amerika Serikat sederhana, faktanya tidak dapat disangkal, dan buktinya sangat banyak,” kata mereka seperti yang dikutip Reuters.

Dokumen itu merupakan seruan langsung kepada para senator untuk bersikap tidak memihak. “Sejarah akan menilai kesediaan masing-masing senator untuk naik di atas perbedaan partisan, melihat fakta dengan jujur ​​dan membela Konstitusi,” kata para anggota parlemen dalam sebuah pernyataan yang mencatat “Presiden bukan raja.”

Tim hukum Trump mengeluarkan penolakan tegas terhadap tuduhan impeachment, yang dibacakan di Senat awal minggu ini. Mereka diprediksi akan merilis tanggapan yang lebih panjang dan terpisah untuk sidang praperadilan Demokrat pada hari Senin.

Menolak tuduhan itu, pengacara Trump mengulangi desakan presiden, yang digaungkan oleh banyak rekan Republik di Kongres, bahwa tuduhan itu tidak lebih dari upaya partisan untuk mengeluarkannya dari jabatan, “serangan berbahaya pada hak rakyat Amerika untuk secara bebas memilih presiden mereka.”

“Ini adalah upaya yang berani dan melanggar hukum untuk membatalkan hasil pemilu 2016 dan mengganggu pemilu 2020 – yang sekarang hanya tinggal beberapa bulan lagi,” kata tim pengacara Trump dalam dokumen enam halaman yang dirilis pada hari Sabtu.

Ini adalah pertama kalinya Trump secara resmi menanggapi dua pasal pemakzulan – penyalahgunaan kekuasaan dan menghalangi Kongres – yang disetujui Dewan yang dipimpin Demokrat akhir tahun lalu.

Perang argumen

Trump dan anggota parlemen Demokrat terlibat perang argumen tentang kasus impeachment yang secara politis mempolarisasi upaya Trump untuk membujuk Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk menyelidiki pesaingnya asal Demokrat Joe Biden tahun lalu.

“Presiden Trump dengan tegas menyangkal masing-masing dan setiap tuduhan dalam kedua pasal impeachment,” kata dokumen pengacara Trump. 

Seperti halnya tuduhan penyalahgunaan jabatan karena menekan Ukraina untuk menyelidiki Biden dan putranya, Hunter Biden, Trump juga dituduh menghalangi Kongres dalam penyelidikan atas tindakannya dengan menolak menyerahkan dokumen dan melarang pejabat pemerintah memberi kesaksian, bahkan ketika dipanggil oleh penyidik ​​DPR.

Dokumen yang diajukan oleh manajer pemakzulan Gedung Demokrat pada hari Sabtu menjelaskan mengapa DPR mengeluarkan dua pasal pemakzulan, dan mendaftar bukti yang mendukung dakwaan tersebut.

Bukti termasuk referensi atas informasi yang dirilis dalam beberapa hari terakhir dari Lev Parnas, seorang rekan pengacara pribadi Trump Rudy Giuliani, yang terlibat dalam kontak Giuliani dengan pemerintah Ukraina.

Ini juga termasuk temuan pada hari Kamis oleh Kantor Akuntabilitas Pemerintah (GAO) non-partisan bahwa Trump melanggar hukum ketika ia menahan bantuan militer yang telah ditetapkan Kongres untuk Ukraina. Trump dituduh menahan dana senilai US$ 391 juta dalam bantuan keamanan untuk menekan Kiev agar mau mengumumkan penyelidikan Bidens, dengan tujuan meningkatkan prospek pemilihan umum bagi dirinya pada 2020 mendatang.

“Pembebasan atas tuduhan akan memberikan lisensi kepada Presiden Trump dan suksesornya untuk menggunakan uang pembayar pajak demi tujuan politik pribadi,” demikian penjelasan singkat anggota parlemen Demokrat itu. 

Trump membantah melakukan kesalahan.

Persidangan di Senat yang dipimpin Partai Republik tidak mungkin mengarah pada penggulingan Trump, karena tidak ada senator Republik yang menyuarakan dukungan untuk melakukan hal itu. Padahal, untuk pemakzulan, dibutuhkan dua pertiga suara mayoritas Senat.

Trump, yang pada saat itu berada di klub Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, bermain golf pada hari Sabtu.

Pengacara Trump, dalam dokumen mereka, berpendapat bahwa presiden bertindak setiap saat dengan otoritas hukum konstitusional penuh, kata salah satu dari tiga sumber yang dekat dengan tim hukum Trump.

“Kami akan mengambil fakta secara langsung dan kami percaya bahwa fakta akan membuktikan, dan telah membuktikan, bahwa presiden benar-benar tidak melakukan kesalahan,” kata sumber itu kepada Reuters.

Sumber: kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only