Meski Bertambah, Pelapor SPT Masih Minim

JAKARTA, Jumlah pembayar pajak atau wajib pajak (WP) yang melapor Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) masih sedikit. Padahal, kantor pajak menargetkan tingkat kepatuhan formal WP cukup tinggi, sebesar 80% pada tahun ini.

Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemkeu) mencatat, jumlah pelapor SPT PPh orang pribadi di per Senin (9/3) lalu baru mencapai 6,27 juta. Jumlah itu baru mencapai 41,25% dari total target 15,2% WP.

Sementara itu, dari sekitar 19 juta wajib pajak yang ada di Indonesia, jumlah pelapor tersebut baru mencapai 33%.

Meskipun demikian, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, jumlah pelaporan itu naik 34% dibandingkan dengan periode sama 2019 yang sebesar 4,73 juta WP. “Itu indikasi yang sangat-sangat bagus. Saya sebagai Menkeu ingin menyampaikan terimakasih kepada 6,2 juta WP yang sudah melaporkan pajak,” kata Sri Mulyani, Selasa (10/3).

Sri Mulyani pun bersama dengan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan jajaran Eselon I Kemkeu juga baru melaporkan SPT nya kemarin. Adapun Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah melaporkan SPT pekan lalu.

Selain itu, jumlah pelaporan SPT secara manual juga turun Dari 6,27 juta laporan, hanya 262.360 WP yang melapor dengan mendatangi kantor pajak dan membayar melalui bank.

“Jumlah ini menurun dari tahun lalu sebanyak 333.453 WP. Jadi artinya makin banyak WP orang pribadi yang bayar melalui e-filing atau secara online,” tambahnya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo menambahkan, pihaknya telah membentuk satuan tugas (satgas) penanganan SPT yang bertugas melakukan sosialisasi hingga mengawal sistem informasi untuk periode pelaporan SPT hingga April 2020.

“Kami juga sudah mengantisipasi beban puncak pelaporan dengan menambah server dari 10 menjadi 20 server, serta menambah bandwitch hingga tiga kali lipat. Ini agar masyarakat lebih nyaman menyampaikan SPT melalui e-filing,” tutur Suryo.

Sumber : Harian Kontan

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only