Punya Skenario Ekonomi RI 0%, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah

JAKARTA – Pemerintah sudah mempunyai skenario soal pertumbuhan ekonomi tahun ini imbas penyebaran virus corona atau Covid-19. Skenario pertama pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh di atas 4% dan skenario terburuk pertumbuhan ekonomi hanya 2,5% bahkan 0%.

Ekonom sekaligus Direktur Riset Core Indonesia Piter Abdullah Redjalam mengatakan, pemerintah memang seharusnya mempunyai skenario pertumbuhan ekonomi di tengah penyebaran virus Corona. Hal ini dilakukan agar bisa mengambil langkah antisipasi jika kemungkinan terburuk terjadi.

“Pertumbuhan ekonomi 0% itu skenario terburuk. Pemerintah memang harus punya skenario terburuk agar bisa menyusun strategi bagaimana mencegahnya jangan sampai terjadi,” kata Piter kepada Okezone, Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Strategi-strategi pemerintah juga bertujuan untuk memitigasi semua risiko dan dampaknya. Apalagi, lanjutnya, seperti harus memikirkan masyarakat miskin.

“Termasuk mempersiapkan langkah-langkah bantuan kepada kelompok miskin yang terdampak, juga mereka yang kehilangan pekerjaan dan income,” ujarnya.

Sementara itu, stimulus yang sudah diumumkan Pemerintah kata Piter mampu meredam dampak penyebaran virus Corona. Namun, tersebut tergantung berapa lama virus tersebut dapat diatasi.

“Berbagai stimulus tersebut mampu meredam, tapi sepenuhnya bergantung kepada perkembangan virus Corona baik di global maupun domestik,” tukasnya.

Sumber : Okezone.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only