DJBC Tebar Insentif Tambahan Kepabeanan untuk Perusahaan KITE

JAKARTA, Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) mulai memberikan sejumlah insentif tambahan untuk perusahaan penerima fasilitas kemudahan impor untuk tujuan ekspor (KITE) di tengah pandemi Corona.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jakarta Decy Arifinsjah mengatakan DJBC telah memberikan izin fasilitas KITE tambahan kepada PT Surya Mandiri Tekstil Buana karena ikut memproduksi alat kesehatan guna memenuhi kebutuhan di tengah pandemi.

“Manfaat KITE ialah memberikan kemudahan pengembalian bea masuk demi mendorong peningkatan daya saing perusahaan, investasi, dan ekspor nasional,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (28/4/2020).

Penerbitan izin fasilitas kepabeanan, lanjut Decy, kini hanya perlu waktu satu jam setelah pemaparan profil dari pihak perusahaan. Pemaparan profil perusahaan juga bisa dilakukan melalui konferensi video guna mencegah penularan virus Corona.

Sebelum pandemi, perusahaan yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan fasilitas kepabeanan harus melalui prosedur tatap muka dengan petugas Bea Cukai.

Decy menambahkan Surya Mandiri merupakan perusahaan tekstil di bidang kain rajut dan pakaian seragam. Namun perusahaan juga memproduksi alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis.

Kapasitas produksi PT Surya Mandiri Tekstil Buana mencapai 50.000 potong pakaian per bulan untuk diekspor ke mancanegara.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 31/PMK.04/2020 untuk yang berisi berbagai tambahan fasilitas untuk perusahaan kawasan berikat dan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE).

Fasilitas tambahan itu antara lain pemasukan barang dari dalam negeri dalam rangka diolah untuk tujuan ekspor kini bebas dari pungutan PPN dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Perusahaan KITE juga kini dapat melakukan penyerahan hasil produksi untuk diolah dan/atau digabungkan dengan hasil produksi kawasan berikat maupun KITE IKM dari sebelumnya dilarang.

Perusahaan KITE Pembebasan dan KITE IKM kini diperbolehkan untuk menjual produknya ke dalam negeri paling banyak 50% dari nilai ekspor tahun sebelumnya. KITE Pembebasan sebelumnya tidak boleh menjual hasil produksi ke dalam negeri, dan KITE IKM juga hanya boleh menjual sekitar 25%.

KITE Pembebasan dan KITE IKM juga dapat melakukan penyerahan hasil produksi untuk penanganan bencana virus Corona kepada pemerintah atau orang yang memperoleh pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor di dalam negeri tanpa mengurangi kuota penjualan lokal.

Sumber: ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only