Kepatuhan Masih Kendur

JAKARTA, Realisasi penyampaian SPT Tahunan turun kendati otoritas pajak telah mengguyur banyak relaksasi kepada wajib pajak (WP) sepanjang tahun berjalan. 

Berdasarkan data Ditjen Pajak yang diperoleh Bisnis, realisasi penyampaian SPT Tahunan per 1 Mei 2020 hanya 10,97 juta. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan capaian pada tanggal yang sama tahun lalu yakni mencapai 12,11 juta. 

Dengan demikian, terdapat kontraksi sebesar 9,4% (year-on-year/yoy) dalam penyampaian SPT Tahunan secara keseluruhan. Rasio kepatuhan formal pun turun dari 66% pada 1 Mei tahun lalu menjadi 57,7% pada Mei tahun ini. Baik WP orang pribadi (OP) nonkaryawan maupun WP Badan sama-sama tercatat mengalami kontraksi dalam penyampaian SPT Tahunan. 

Realiasi penyampaian SPT Tahunan oleh WP OP nonkaryawan (formulir 1770) pada 1 Mei tahun ini mencapai 1,03 juta, turun dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 1,28 juta. 

Adapun realisasi penyampaian SPT Tahunan oleh WP Badan (formulir 1771 dan 1771 USD) turun dari 737.936 pada 1 Mei 2019 menjadi tinggal 658.957 pada tahun ini. 

Kondisi ini cukup mengecewakan di tengah banyaknya relaksasi pajak seperti perpanjangan batas penyampaian SPT Tahunan dari 31 Maret menjadi 30 April dan penyederhanaan penyampaian SPT. 

“Kita tetap melakukan upaya persuasif agar mereka segera lapor SPT Tahunan, dikombinasikan dengan aktivitas pengawasan, dalam arti kita memanfaatkan data yang telah kita miliki,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama, Minggu (3/5).

Sumber: Harian Bisnis Indonesia

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only