Bea Cukai Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19 Lewat Donasi Sembako dan APD

Prediksi Meleset, Sri Mulyani: Ekonomi RI Bisa Minus 0,4%
May 8, 2020
DPRD DKI Sepakati Penyesuaian APBD di Tengah Pandemi Covid-19
May 8, 2020

Bea Cukai kembali terjun ke lapangan untuk membagikan bantuan kepada masyarakat dan tenaga medis yang membutuhkan akibat dari pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid). Pada akhir April 2020, Bea Cukai telah membagikan puluhan paket sembako dan ratusan alat pelindung diri untuk rumah sakit yang membutuhkan. Setidaknya kali ini ada empat kantor Bea Cukai yang telah melakukan aksi tersebut, di antaranya Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea Cukai Tanjung Priok, Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta, Kantor Bea Cukai Merauke, dan Kantor Bea Cukai Amamapare.

Pada hari Kamis (23/04), PSO Bea Cukai Tanjung Priok telah membagikan sebanyak 30 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di antaranya pekerja harian lepas, pedagang asongan, petugas kebersihan, dan beberapa profesi lain yang masih harus berjuang di jalan demi mencari nafkah untuk keluarga.

“Pembagian sembako ini merupakan aksi nyata kemanusiaan yang diwakili oleh generasi muda Bea Cukai yang tergabung dalam PLI milenial di setiap kantor termasuk di PSO Bea Cukai Tanjung Priok,” ungkap Agus Purnandy, Kepala PSO Bea Cukai Tanjung Priok.

Selain PSO Bea Cukai Tanjung Priok, Kantor Bea Cukai Wilayah Jakarta juga juga membagikan 30 paket sembako kepada pekerja lepas dan pekerja harian yang berada di sekitar daerah Kemayoran, Jakarta Pusat pada hari Kamis (23/04). Menurut Kepala Kantor Bea Cukai Wilayah Jakarta, Decy Arifinsjah pandemi Covid-19 telah menimbulkan efek yang cukup berat kepada masyarakat yang harus mencari penghasilan harian. “Dengan kebijakan yang dibuat untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 telah memberikan dampak yang cukup signifikan kepada masyarakat yang harus mencari uang secara harian, sehingga kami berinisiatif untuk membantu meringankan beban mereka dengan membagikan paket sembako,” ungkap Decy.

Tidak hanya di Jakarta, kesigapan Bea Cukai dalam membantu masyarakat dan petugas medis yang membutuhkan juga dilakukan di ujung timur Indonesia. Pada Selasa (28/04), Bea Cukai Merauke diwakili oleh generasi milenial membagikan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

“PLI Milenial dari Bea Cukai Merauke juga ikut berpatisipasi dalam membagikan paket sembako berupa bahan-bahan makanan kepada Masyarakat yang merasakan dampak langsung secara ekonomi dari wabah Covid-19, seperti petugas penyapu jalan, petugas parkir, dan masyarakat kurang mampu lainnya. Harapan dari kami agar masyarakat tetap semangat dan waspada dalam beraktivitas sampai pandemi Covid-19 berakhir,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Merauke, Nazwar.

Tidak hanya Bea Cukai Merauke, Bea Cukai Amamapare juga turut ikut melaksanakan aksi sosial. Pada Senin (27/04), Bea Cukai Amamapare menyerahkan bantuan 100 buah APD dan diserahkan langsung kepada perwakilan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mimika di sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mimika.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan pihak Bea Cukai Amamapare bagi penanganan Covid-19 di Kabupaten Mimika,” ujar perwakilan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mimika.

“Semoga ke depannya Bea Cukai Amamapare dapat terus mendukung program penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19 ini dengan baik. Sehingga masyarakat Kabupaten Mimika dan sekitarnya dapat terbebas dari pandemi Covid-19. Menjalankan aktivitas seperti semula, serta perekonomian di Kabupaten Mimika kembali tumbuh,” pungkas Kepala Kantor Bea Cukai Amamapare, I Made Aryana.

Sumber : Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only