Dorong pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi, pemerintah siapkan protokol masuk kerja

Keuntungan Sektor Industri China pada April Masih Turun
May 28, 2020
Wah, Ada Diskon Pajak Hingga 100% Untuk 4 Jenis Pajak Daerah Ini
May 28, 2020

JAKARTA. Pemerintah menyiapkan protokol untuk membuka kembali kegiatan ekonomi di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Saat ini telah ada surat edaran Menteri Kesehatan untuk protokol tempat kerja dan industri, serta protokol bagi tempat kerja sektor swasta dan perdagangan. Protokol tersebut akan melihat perkembangan Covid-19.

“Jadi protokol-protokol itu berbagai sektor telah menyiapkan protokolnya,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas, Rabu (27/5).

Protokol untuk kembalinya kegiatan ekonomi di tengah pandemi mengacu pada protokol kesehatan. Antara lain seperti kebersihan tangan menggunakan sabun, menggunakan masker, menerapkan physical distancing, isolasi mandiri, dan pengecekan suhu tubuh.

Secara spesifik sejumlah sektor masih dalam koordinasi. Koordinasi dilakukan baik dengan Menteri Kesehatan maupun dengan gugus tugas penanganan Covid-19.

“Akan disiapkan juga adalah sektor pariwisata dimana mengatur SOP mengenai hotel, kemudian restoran,dengan kapasitas yang dibatasi,” terang Airlangga.

Koordinasi juga dilakukan dengan pemerintah daerah untuk melihat sektor ekonomi di satu daerah. Protokol untuk manufaktur, perkebunan, pertambangan, serta pertanian juga akan segera diatur.

Guna menggerakkan lagi sektor ekonomi, sejumlah persyaratan menjadi acuan. Termasuk dengan melihat angka penularan berdasarkan reproduction number (R0).

“Di Jawa terlihat trend (R0) di Jawa Tengah, Bali, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta sudah menurun dan relatif menurun di bawah 1 di dalam tracking dalam tiga bulan terakhir,” jelas Airlangga.

Tren penurunan juga terlihat di sejumlah wilayah. Antara lain Aceh, Sumatra Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat.

Sumber : KONTAN.CO.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp WA only