Investasi Rp1.249 T, 75 Perusahaan Dapat Libur Pajak

JAKARTA — Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat 75 perusahaan mendapatkan fasilitas pembebasan pajak penghasilan (tax holiday) atas investasi mereka di Indonesia hingga 31 Mei 2020. Nilai investasi yang rencananya ditanamkan puluhan perusahaan itu mencapai Rp1.249,23 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan penanaman modal terbesar dilakukan salah satu perusahaan dengan nilai Rp123 triliun. Namun, ia tak menyebut identitas perusahaan yang berinvestasi paling besar tersebut.

“Fasilitas tax holiday ini diterima 75 wajib pajak. Penanaman modal Rp1.249,23 triliun. Pemerintah ingin mendorong investasi agar terus dilakukan,” kata Airlangga dalam video conference, Kamis malam (18/6).

Ia menyatakan fasilitas tax holiday diberikan ke puluhan wajib pajak yang bergerak di beberapa sektor usaha. Rinciannya, sebanyak 27 wajib pajak bergerak di bidang infrastruktur, 31 wajib pajak di bidang industri logam, 14 wajib pajak di industri kimia, dan tiga wajib pajak di industri aktivitas hosting.

“Lokasinya proyeknya tersebar di 21 provinsi,” imbuh Airlangga.

Airlangga menjabarkan proyek itu dibangun di Banten, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Utara, Maluku Utara, Jawa Tengah, Bengkulu, Kalimantan Barat, Sumatra Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Riau.

Kemudian, beberapa proyek juga dibangun di Jambi, Kepulauan Riau, Aceh, Kalimantan Timur, Papua, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Utara.

“Penanaman modal ini diperkirakan menyerap 59 ribu tenaga kerja,” ujar Airlangga.

Ia bilang fasilitas tax holiday diberikan kepada investor domestik dari berbagai negara lain, seperti China, Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Belanja. Lalu, ada pula investor asal Korea, Thailand, Australia, Jepang, Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Inggris.

Sebagai informasi, pemberian fasilitas tax holiday ini mengacu pada PMK Nomor 150/PMK.010/2018 tentang Pemberian Fasilitas Pengurangan Pajak Penghasilan Badan.

Sumber: CNNIndonesia.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only