DJP: Pengerjaan Fitur Pelaporan Insentif Pajak Tuntas Sebelum Tenggat

Ditjen Pajak (DJP) berkomitmen untuk merampungkan aplikasi pelaporan realisasi insentif pajak dalam penanganan virus Corona atau Covid-19 sebelum tenggat akhir penyampaian laporan.

Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi DJP Iwan Djuniardi mengatakan pembuatan aplikasi saat ini terus dilakukan DJP sebagai sarana penyampaian laporan realisasi insentif pajak terkait Covid-19.

“Intinya aplikasi, Insya Allah kita selesaikan sebelum jatuh tempo pelaporan,” katanya, Senin (22/6/2020).

DJP, lanjutnya, masih mengerjakan aplikasi laporan realisasi insentif pembebasan PPh Pasal 22 Impor dan pengurangan angsuran PPh Pasal 25. Adapun laporan kedua insentif tersebut disampaikan setiap tiga bulan dan akan dimulai Juli 2020.

Tugas tim teknologi informasi DJP juga saat ini bertambah seiring dengan rilisnya PP No.29/2020. Dalam PP itu, terdapat sejumlah insentif tambahan yang juga mewajibkan wajib pajak untuk menyampaikan pelaporan realisasi insentif.

Salah satunya adalah insentif tambahan pengurangan penghasilan bruto sebesar 30% untuk wajib pajak yang memproduksi alat kesehatan untuk keperluan penanganan virus Corona atau Covid-19.

Penerima insentif tersebut harus menyampaikan laporan biaya produksi. Laporan tersebut disampaikan secara daring melalui sistem DJP dan paling lambat disampaikan bersamaan dengan penyampaian SPT Tahunan PPh.

Insentif donasi yang dapat menjadi pengurang penghasilan bruto juga wajib melaporkan penyelenggaraan pengumpulan donasi melalui sistem elektronik DJP. Laporan disampaikan paling lambat pada akhir tahun pajak diterimanya donasi.

Kewajiban menyampaikan laporan juga berlaku untuk insentif bagi pembelian kembali saham (buyback) yang diperjualbelikan di bursa efek. Wajib pajak harus melampirkan laporan hasil pelaksanaan buyback pada SPT Tahunan PPh.

Iwan berkomitmen saluran elektronik laporan realisasi untuk deretan insentif yang baru akan rampung tepat waktu dan dapat dimanfaatkan wajib pajak. “(Untuk waktu penyelesaian) saya harus cek setiap detailnya,” tutur Iwan. (rig)

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only