Indonesia Pernah Raup Penerimaan Pajak Rp400 Miliar dalam 30 Menit, Ini Kisahnya!

JAKARTA – Indonesia ternyata pernah berhasil mendapat penerimaan pajak sebesar Rp400 miliar dalam waktu 30 menit saja.

Hal itu diungkapkan Ekonom Senior Indef Drajad Wibowo pada diskusi webinar yang digelar oleh Bravos Radio, Senin (29/6/2020). Menurutnya, kisah sukses tersebut diungkapkan agar pemerintah dapat mencari sumber pendapatan di tengah situasi krisis.

“Ini bukan omong doang atau teori. Saya pernah membantu satu unit di BIN [Badan Intelejen Negara] dalam satu operasi. Kami gunakan teknologi, hasilnya dalam waktu 30 menit itu, ada orang komitmen bayar [pajak] Rp400 miliar,” katanya, Senin (29/6/2020).

Dalam operasi tersebut, lanjutnya, jumlah pasukan yang diterjunkan oleh BIN cukup banyak, termasuk petinggi Polri bintang tiga, ahli IT, hingga doktor.

Menurutnya, pemerintah dapat menggunakan langkah nonkonvensional, misalnya menerapkan teknologi informasi atau menggandeng unit intelejen untuk mendapatkan pemasukan di tengah krisis pandemi virus Corona (Covid-19) yang terjadi sekarang.

Apalagi, dia mendapatkan informasi bahwa jumlah simpanan investor asing di Singapura meningkat pesat saat ini.

“Sebagian besar [dana yang disimpan ke Singapura] dari Hong Kong dan Indonesia. Pemerintah dapat gunakan teknologi dan intelejen, ini enggak diharamkan kok dalam dunia perpajakan,” jelasnya.

Sumber: Bisnis.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only