Diskon Tarif, Pengusaha Dapat Restitusi Tagihan Listrik Juli

JAKARTA — PT PLN (Persero) membuka pengajuan restitusi atau permohonan pengembalian kelebihan bayar listrik bagi pelanggan sektor sosial, industri dan bisnis menyusul berlakunya stimulus keringanan tarif bagi tiga sektor tersebut.

EVP Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN Edison Sipahutar menuturkan restitusi tersebut berlaku bagi pelanggan yang terlanjur membayarkan tagihan listriknya pada Juli 2020.

Pasalnya, stimulus berupa pengurangan biaya pemakaian rekening minimum serta pembebas biaya abonemen untuk pelanggan di bawah 1.300 VA itu baru dimulai pada Agustus ini.

“Karena program ini berlangsungnya berlangsung Agustus 2020 tentu bulan Juli nanti akan kami perlakukan khusus,” ujar Edison dalam webinar yang diselenggarakan Kementerian ESDM, Selasa (18/8).

Pengajuan restitusi sendiri baru bisa dilakukan pada September mendatang. Pasalnya PLN masih perlu melakukan penghitungan serta verifikasi ulang.

Di samping itu, Edison menegaskan, restitusi akan diterima pelanggan dalam bentuk pengurangan tagihan listrik dan bukan uang tunai.

“Pelanggan yang sudah membayar di bulan Juli, stimulus akan direstitusi dengan pengurangan tagihan pada bulan-bulan berikutnya atau mulai rekening bulan September,” tuturnya.

Sementara itu, bagi pelanggan yang belum membayar tagihan listik Juli akan otomatis mendapatkan stimulus berupa koreksi rekening. Namun biaya keterlambatan tetap harus dibayar sesuai ketentuan.

Stimulus tersebut juga tidak termasuk dengan biaya Pajak Penerangan Jalan (PPJ) sebab pemerintah hanya kompensasi dari selisih pemakaian kWh.

“Yang belum bayar akan dikoreksi di bulan Agustus ini yang saat ini sedang berlangsung dan sedang dalam proses perhitungan mudah-mudahan hari ini akan selesai khusus yang belum bayar,” imbuhnya.

Edison juga menegaskan program stimulus tidak berlaku bagi pelanggan dengan status berhenti atau berhenti sementara selama program berlaku.

“Jadi kalau ada pelanggan berhenti sementara tidak diberlakukan stimulusnya,” tandasnya.

Sumber: CNNIndonesia.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only