Kerek Investasi, Sederet Insentif Pajak Baru Disiapkan

Pemerintah Korea Selatan akan menambah insentif pajak bagi korporasi yang menanamkan modal di negara tersebut sekaligus menambah kredit pajak yang bisa diklaim oleh korporasi yang menyelenggarakan penelitian dan pengembangan (R&D).

Kementerian Keuangan Korea Selatan menyatakan akan menambah jenis aset korporasi yang menjadi dasar atas klaim pengurangan pajak. Tak hanya itu, pemerintah juga menawarkan insentif baru bagi korporasi yang meningkatkan investasinya.

“Selain sektor properti dan sektor-sektor jasa tertentu seperti perhotelan dan bar, semua sektor bisa mendapatkan insentif pajak sepanjang yang diinvestasikan bukan dalam bentuk tanah, bangunan, dan kendaraan bermotor,” sebut Kemenkeu, dikutip Kamis (7/1/2021).

Kredit pajak yang lebih tinggi akan diberikan kepada korporasi yang berinvestasi pada bidang teknologi baru seperti memory chips. Untuk mendukung inovasi, klaim pengurangan pajak akibat biaya R&D juga akan ditambah.

Dalam ketentuan yang berlaku saat ini, insentif pajak diberikan kepada korporasi yang melakukan pengembangan dalam 223 jenis teknologi baru yang tercakup. Ke depan, cakupannya akan diperluas menjadi 240 jenis teknologi baru termasuk teknologi digital dan teknologi ramah lingkungan.

Kemenkeu berharap insentif pajak ini dapat mendorong pemulihan ekonomi dengan cepat pada tahun ini. Kemenkeu menargetkan perekonomian nasional tumbuh 3,2%. Pada 2020, perekonomian Korea Selatan diperkirakan terkontraksi sebesar -1,1%.

Kementerian Keuangan memperkirakan total pajak yang tidak dipungut atau revenue forgone akibat insentif-insentif pajak yang akan diberikan tahun 2021 mencapai KRW165 miliar atau kurang lebih sebesar Rp2,11 triliun.

Seperti dilansir koreabizware.com, insentif pajak yang diwacanakan oleh Kementerian Keuangan Korea Selatan baru dapat diberikan setelah proposal insentif tersebut disepakati oleh kabinet dalam rapat yang diselenggarakan Februari 2021.

Sumber : ddtc.co.id, Rabu 6 Januari 2021

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only