Sudah Dapat Tax Holiday Tapi Belum Investasi, Pengusaha Akan Dipanggil

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan, pihaknya akan memanggil pengusaha yang tak kunjung merealisasikan investasinya. Padahal, mereka sudah mendapatkan insentif libur bayar pajak (tax holiday).

“Sekarang mulai terbalik nih. Negara sudah memberikan izin, insentif sudah dikasih, kemudian eksekusinya (dari pengusaha) yang belum jalan,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (24/2).

Kepada pengusaha yang dipanggil nanti, Bahlil akan mencoba mendengarkan kendala yang menjadi alasan mereka belum menjalankan invetasinya hingga saat ini. “Kalau memang ada yang bisa jalan, kita jalankan. Kita bareng-bareng, kita bantu mereka,” ucapnya.

Bahkan, Bahlil mengancam bakal mencabut insentif libur bayar pajak bagi perusahaan yang tidak kunjung merealisasikan investasi mereka.

“Tapi kalau cuma mohon maaf hanya mau akal-akalin pemerintah saja, ya pemerintah harus punya sikap. Jadi seperti awal saya katakan bahwa pengusaha tidak boleh mengatur negara, tapi negara juga tidak boleh semena-mena kepada pengusaha,” jelasnya.

Pihaknya mengaku bahwa negara harus hadir dalam membantu pengusaha tetapi negara juga harus tegas pada situasi tertentu.

“Bagaimanapun pengusaha ini penting, karena mereka juga adalah pahlawan devisa dan pahlawan pencipta lapangan pekerjaan. Tapi ada juga yang harus kita tertibkan,” pungkasnya.

Sumber: Jawapos.com. Kamis, 25 Februari 2021.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only