Keadilan Pajak di Kawasan Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi

WARSAWA — Perdana Menteri (PM) Polandia Matthews Morawiecki mengungkapkan keadilan pajak di kawasan Uni Eropa menjadi salah satu kunci kebangkitan ekonomi pascapandemi Covid-19.

PM Morawiecki mengungkapkan terdapat dua faktor utama yang menentukan pemulihan ekonomi Eropa. Pertama, memastikan seluruh negara anggota membenahi rezim pajak untuk menjamin keadilan. Kedua, melakukan pertumbuhan ekonomi dengan cepat.

“Jadi perlunya keadilan pajak dan pertumbuhan ekonomi yang cepat,” katanya usai menghadiri KTT Sosial Uni Eropa, dikutip pada Senin (10/5/2021).

Morawiecki menjelaskan kunci keadilan pajak adalah menciptakan sistem perpajakan yang melayani para pembayar pajak. Kemudian, sistem yang dibangun juga harus berpihak pada meningkatkan kesejahteraan keluarga dan anak-anak.

Untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang cepat, ia menilai perlu ada perubahan regulasi belanja negara anggota Uni Eropa. Dana paket pemulihan ekonomi Uni Eropa juga wajib diarahkan untuk kegiatan investasi baru.

Menurutnya, investasi baru akan menjadi prioritas Pemerintah Polandia dalam memulihkan ekonomi domestik. “Program dana rekonstruksi Eropa akan berkontribusi pada percepatan program investasi terbesar dalam sejarah Polandia,” tuturnya.

Mantan Menkeu Polandia itu menambahkan perusahaan kecil dan menengah menjadi target sasaran prioritas untuk pemulihan usaha. Untuk itu, kebijakan belanja negara akan lebih mengakomodasi pelaku usaha kecil dan menengah di Eropa.

“Kami setuju perusahaan Eropa harus mendapatkan keuntungan dari ini [dana stimulus ekonomi Uni Eropa]. Saya menambahkan bahwa perusahaan kecil dan menengah Polandia bisa menjadi prioritas,” ujarnya seperti dilansir admet.net. 

Sumber: DDTC.co.id. Senin, 10 Mei 2021.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only