Gencarkan Pengawasan Pajak Mineral, Pegawai Terjun ke Lapangan

Karangasem. Guna mengamankan setoran pajak mineral bukan logam dan batuan (MBLB). Pemkab Karangasem, Bali akan melakukan pengawasan ekstra di lapangan.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) I Wayan Ardika mengatakan kegiatan pengawasan pajak ditingkatkan untuk mengamankan target pajak MBLB. Dia menyampaikan seluruh pegawai terjun ke lapangan aktif melakukan pengawasan.

“Kami intensifkan pengawasan secara ketat dan hampir seluruh staf di bagian pajak dikerahkan untuk bertugas di lapangan. Tidak ada staf pajak yang bekerja di dalam ruangan,” katanya Selasa (2/11/2021).

Wayan menuturkan realisasi penerimaan dari pajak MBLB sampai dengan akhir Oktober 2021 baru mencapai Rp40,2 miliar. Kinerja setoran pajak itu setara dengan 86% dari target yang ditetapkan tahun ini sejumlah Rp46,5 miliar.

Dia optimistis target penerimaan dari pajak dapat tercapai pada akhir tahun ini seiring dengan adanya pengawasan yang lebih digencarkan. Menurutnya, kinerja pajak MBLB naik signifikan, meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini juga dikarenakan pertumbuhan penerimaan pajak MBLB sampai dengan Oktober 2021 sudah sudah mendekati angka 100%. Adapun target penerimaan MBLB yang ditetapkan pada tahun fiskal 2020 hanya sejumlah Rp21,7 miliar.

Selain meningkatkan kegiatan pengawasan, optimalisasi setoran pajak oleh pemkab juga dilakukan dengan pengolahan data. Wayan meyakini potensi pajak MBLB yang bisa digali masih besar.

“Agar target yang telah ditetapkan bisa tercapai maka BPKAD melakukan pengawasan secara ketat serta mengupdate data pembanding setiap minggunya,” tuturnya.

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only