Pemerintah Optimistis Raup 98% Target Penerimaan, Pajak Jadi Tumpuan

endapatan bersumber dari pendapatan domestik, pajak, pungutan bea masuk, dan hibah. Untuk mencapai target anggaran, kementerian berusaha mencari lebih banyak pendapatan dari sektor pertambangan dalam bentuk royalti dan dividen,” tulis The Pnom Penh Post, dikutip Rabu (3/11/2021).

Per Oktober 2021, realisasi belanja negara mencapai 19.012 triliun kip atau setara 60% dari target APBN, yakni 31.583 triliun kip. Jumlah tersebut berasal dari belanja pemerintah pusat sebesar 12.786 triliun kip dan belanja pemerintah daerah sebesar 6.225 triliun kip.

Selain itu, pemerintah juga mendorong sektor bisnis bekerja sama dengan badan usaha milik negara (BUMN). Sebelumnya, pandemi Covid-19 membuat banyak sektor bisnis berhenti beroperasi, khususnya hotel, restoran, dan sektor industri.

Lesunya ekonomi yang dialami nyaris seluruh sektor membuat otoritas kesulitan menggenjot penerimaan, terutama dari pajak dan kepabeanan.

“Awal tahun ini kementerian (keuangan) menunjuk sebuah komite penggerak guna meningkatkan pendapatan dan manajemen pendapatan di kementerian, organisasi, dan provinsi di seluruh negeri,” ujar Menteri Keuangan Bounchom Ubonpaseuth.

Sayangnya rencana pelaksanaan komite tersebut terhambat karena wabah Covid-19.

Sumber : DDTC

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only