Dampak Konsensus Pajak Global Diperkirakan Baru Terasa pada 2025

Departemen Keuangan Irlandia memperkirakan setoran pajak dari pajak penghasilan perusahaan atau PPh badan akan tetap tumbuh positif sampai dengan 2025 meskipun konsensus pajak global resmi berlaku.

Departemen Keuangan (Depkeu) menyebutkan ketentuan konsensus global melalui Pilar I dan Pilar II diproyeksikan tidak membuat penerimaan pajak dari PPh Badan mengalami kontraksi. Setoran pajak tetap tumbuh positif hingga tahun fiskal 2025.

“Dengan perubahan yang dilakukan OECD, pendapatan PPh badan di Irlandia justru akan meningkat menjadi €14 miliar pada tahun depan dan €15 miliar pada 2025,” sebut Depkeu, dikutip pada Jumat (5/11/2021).

Otoritas fiskal menjelaskan kinerja PPh badan tahun ini juga diperkirakan tumbuh positif. Pemerintah memproyeksikan penerimaan PPh badan mampu mencapai rekor tertinggi dengan setoran pajak mencapai €13,4 miliar pada tahun ini.

Menurut Depkeu, dampak konsensus global mulai akan terasa pada 2025. Setoran pajak diperkirakan turun €2 miliar lantaran adanya ketentuan realokasi pendapatan pajak kepada negara pasar dan penerapan pajak minimum perusahaan multinasional.

Selain itu, masih ada faktor risiko lain yang akan dihadapi pemerintah dalam mengamankan setoran PPh badan. Salah satunya datang dari windfall penerimaan PPh badan dari perusahaan berbasis riset yang tidak akan berulang pada masa depan.

“Masih ada ketidakpastian yang melekat dan volatilitas pada aliran pendapatan ini [PPh badan],” kata Menkeu Paschal Donohoe seperti dilansir irishtimes.com.

Sumber : DDTC

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only