Indonesia Akan Libatkan Petani dan Guru untuk Perangi Sentimen Anti-Sawit

Sebuah perkebunan kelapa sawit terlihat di sebelah hutan yang terbakar di dekat Banjarmasin di provinsi Kalimantan Selatan, 29 September 2019. ( REUTERS/Willy Kurniawan)

Industri kelapa sawit raksasa Indonesia, yang telah lama menjadi target kelompok hijau aktivis lingkungan global, melabuhkan perlawanannya ke dalam negeri ketika mencoba bertahan mengatasi sentimen anti-kelapa sawit yang tumbuh di antara generasi muda Indonesia yang lebih sadar lingkungan.

Indonesia, produsen minyak sawit terbesar dunia, sedang melatih petani dan guru serta menjalankan kampanye media sosial untuk menyoroti “aspek positif” dari industri senilai $US 50 miliar.

“Kita harus memberi tahu dunia tentang manfaat minyak sawit,” kata Achmad Maulizal, kepala divisi Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP), badan pemerintah yang memungut pajak ekspor, dalam lokakarya pelatihan media untuk petani di Kalimantan melalui Zoom.

Para pecinta lingkungan telah mengaitkan minyak sawit, yang ditemukan di banyak produk mulai dari keripik kentang hingga sabun, dengan pembukaan lahan, perusakan habitat, dan kebakaran hutan.

Indonesia memiliki kawasan hutan tropis terbesar ketiga di dunia, hutan belantara luas yang dianggap penting untuk mengatasi dampak perubahan iklim, sekaligus rumah bagi spesies yang terancam punah seperti orang utan, harimau, dan badak.

Setidaknya 1,6 juta hektar hutan dan lahan lainnya terbakar pada 2019 dan kerugian diperkirakan mencapai $5,2 miliar karena kabut asap menyelimuti Indonesia dan negara-negara tetangga.

Analisis Greenpeace menunjukkan sekitar sepertiga kebakaran hutan di Indonesia terjadi di areal sawit dan pohon bahan baku bubur kertas.

Namun, pemerintah ingin menyoroti aspek positif dari industri yang mempekerjakan lebih dari 15 juta orang Indonesia dan menghasilkan sekitar 13 persen dari ekspor negara tersebut.

BPDP telah bekerja sama dengan Asosiasi Petani Kecil untuk memberikan program pelatihan media kepada petani sawit agar mereka dapat berkontribusi pada artikel berita dan konten media sosial yang menyentuh inovasi di industri kelapa sawit, serta pentingnya bagi perekonomian nasional. dan mata pencaharian masyarakat Indonesia.

BPDP juga telah bekerja sama dengan Persatuan Guru Indonesia untuk mengadakan lokakarya bagi guru di seluruh nusantara untuk “Mengungkap Mitos dan Fakta” tentang kelapa sawit.

“Dalam pemahaman saya, kelapa sawit adalah penyumbang devisa terbesar, tapi… ada juga informasi yang mungkin agak negatif,” kata Sukiter, seorang guru yang berbasis di kota Yogyakarta yang menghadiri acara tersebut.

“Tapi (berdasarkan) penjelasan tadi (di workshop), banyak sekali manfaat kelapa sawit,” ujarnya dalam video promosi program tersebut.

Muda dan peduli lingkungan

Aktivis lingkungan selama beberapa dekade mencoba menyebarkan pesan anti-kelapa sawit di kalangan anak muda Indonesia, yang menjadi lebih mudah menerima seruan global melalui internet dan media sosial untuk memerangi perubahan iklim.

Ini telah mendorong industri kelapa sawit Indonesia untuk mencoba melawan apa yang dilihatnya sebagai penyebaran informasi sepihak di dalam negeri, kata Toggar Sitanggang, wakil ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) kepada Reuters.

“Ini membuat kami lebih mendesak untuk mengimbangi informasi di luar sana,” kata Toggar Sitanggang.

“Kita perlu menyebarkan informasi positif di kalangan anak muda ini dan membuat mereka lebih mempertanyakan informasi yang mereka dapatkan.”

Lebih dari 50 persen orang Indonesia berusia sembilan hingga 40 tahun – populasi yang dikenal sebagai Gen Z dan Milenial.

Dalam survei Gen Z dan Milenial yang dilakukan oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia, 95 persen responden setidaknya “sedikit khawatir” tentang masalah iklim – jauh lebih banyak daripada kelompok yang lebih tua.

Studi menunjukkan bahwa krisis iklim dipandang sebagai masalah paling mendesak kedua di negara ini, setelah korupsi.

Helga Angelina, 30 tahun pendiri rantai restoran vegan Burgreens dan produsen daging tiruan vegan bebas minyak sawit Green Rebel Foods, mengatakan tren membuat pilihan yang lebih sadar lingkungan telah membuat pendapatannya melonjak 20 kali lipat sejak dia memulainya pada tahun 2013.

Burgreens sekarang memiliki 15 gerai di seluruh kota dan bisnis manufaktur daging tiruan sekarang memasok ke pemain besar sektor makanan internasional seperti kedai kopi Starbucks dan raksasa furnitur IKEA.

“Dalam dua tahun terakhir, kami telah menarik grup Gen Z ini, yang merupakan pelanggan generasi baru… mereka lebih didorong oleh lingkungan,” kata Helga kepada Reuters. Sebelumnya, kliennya sebagian besar adalah ekspatriat yang sadar kesehatan atau orang Indonesia kelas menengah ke atas.

Beberapa pemilik bisnis yang berbicara dengan Reuters yang menghindari minyak kelapa sawit mengatakan sementara mereka waspada dengan praktik buruk yang terkait dengan industri ini, mereka terbuka untuk minyak sawit berkelanjutan jika itu lebih mudah tersedia dan biayanya kompetitif.

Kebutuhan untuk membendung sentimen anti sawit di Indonesia semakin mendesak dengan meningkatnya ketergantungan pada pasar domestik untuk memenuhi pasokan sawit.

Data resmi menunjukkan, hampir sepertiga dari pasokan minyak sawit Indonesia dikonsumsi secara lokal, dibandingkan dengan 23,4 persen pada tahun 2015.

Angka ini diperkirakan akan melonjak menjadi 40 persen pada tahun 2025, kata Toggar dari GAPKI, dan hingga 70 persen pada tahun 2030 jika rencana Indonesia untuk mengamanatkan 40 persen kandungan minyak sawit dalam biodieselnya membuahkan hasil.

Meski pun seruan untuk memboikot kelapa sawit relatif tidak terdengar di Indonesia dibandingkan dengan negara lain, anak muda Indonesia menuntut praktik yang lebih berkelanjutan.

“Kami tahu bisnis seperti biasa tidak bisa lagi dibiarkan,” Melati Wijsen, seorang aktivis iklim berusia 19 tahun dan pendiri Youthtopia nirlaba yang berbasis di Bali, mengatakan kepada Reuters.

“Masalah-masalah ini bukanlah cerita yang jauh dari kita, yang kita dengar tentang itu adalah sesuatu yang kita jalani. Ini adalah kenyataan kita.”

Sumber : Tempo

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only