IEF Research: Kebijakan ekonomi harus berbasis riset dan bukti

JAKARTA. Indonesia Economic Fiscal (IEF) Research Institute menilai peran elemen bangsa lintas sektor sangat diperlukan untuk mencapai kemandirian ekonomi yang meneguhkan komitmen membangun bangsa.

Peneliti Senior IEF dan sekaligus Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) Profesor Imam Mukhlis mengatakan, kebijakan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah harus presisi dan tepat sasaran untuk mencapai kemandirian ekonomi. Oleh karena itu, kebijakan yang dibuat adalah berbasis riset dan bukti.

“Hasil penelitian seharusnya menjadi acuan dasar pemerintah untuk pembuatan kebijakan yang tepat sasaran. Acuan dasar itu meliputi pengetahuan pakar, hasil penelitian yang dipublikasikan, statistik, konsultasi dengan pemangku kepentingan, evaluasi-evaluasi kebijakan sebelumnya, dan lain-lain,” kata Imam dalam diskusi publik IEF Research Institute, Kamis (11/11).

Peneliti senior IEF Research Institute ini menjelaskan, kanal peran serta peneliti dalam penyusunan peraturan perundang-undangan sebagai instrumen kebijakan pun telah dibuka melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011.

Ketua Yayasan Bung Karno (YBK) Guruh Sukarnoputra mengatakan, ekonomi berdikari digagas presiden pertama RI  sebagai reaksi atas praktik ekonomi kolonial yang eksploitatif.  Pada hakikatnya ekonomi berdikari ini dilaksanakan melalui teori triksakti yakni berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam berkebudayaan.

Target ekonomi berdikari bukanlah pada pertumbuhan ekonomi semu melainkan pada pemerataan ekonomi itu sendiri.  Paham ini berbeda dengan sistem liberalisme yang hari ini dikenal dengan neoliberalisme dengan pasar bebasnya.

“Namun, di era globalisasi ekonomi, justru yang terjadi adalah kesenjangan, pengangguran, kemiskinan sampai pada kerusakan alam dan lingkungan hidup. kerusakan atas sistem perekonomian akibat pasar bebas tanpa kendali mendorong pemodal kuat memonopoli pasar,” katanya. 

Direktur Eksekutif IEF Research Institute Ariawan Rahmat mengatakan, mereka yang berkontribusi nyata dalam membangun negeri ini, termasuk menjaga kedaulatan ekonomi, merupakan pahlawan.

Menurutnya, salah satu kontribusi yang bisa dilakukan adalah pembayaran pajak sesuai ketentuan yang berlaku. Dia bilang, idealnya postur APBN harus dibiayai dari penerimaan pajak dan penghasilan negara, termasuk dari devisa. 

Sumber : DDTC

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only