Terima Kickback dan Hindari Pajak, Seorang Petinggi Kampus Ditangkap

TOKYO, Anggota Dewan Universitas Nihon, Hidetoshi Tanaka, ditangkap oleh Kejaksaan Tokyo karena diduga melakukan pengelakan pajak.

Tanaka dituding secara sengaja tidak membayar pajak penghasilan senilai JPY53 juta atau Rp6,66 miliar. Dia diduga secara sengaja melakukan pengelakan pajak atas penghasilan yang dia peroleh pada 2018 dan 2020, termasuk penghasilan berupa kickback.

Tanaka membantah tuduhan dari Kejaksaan Tokyo tersebut. “Saya tidak menerima uang sepeserpun,” ujar Tanaka seperti dilansir mainichi.jp, dikutip Selasa (30/11/2021).

Berdasarkan hasil investigasi, Tanaka diduga menerima uang dari Tadao Inoguchi yang juga merupakan anggota Dewan Universitas Nihon. Tanaka juga diduga menerima uang dari Masami Yabumoto yang sebelumnya adalah pimpinan dari korporasi sektor kesehatan, Kinshukai.

Inoguchi dan Yabumoto sendiri telah didakwa oleh pengadilan karena telah menyebabkan kerugian senilai JPY420 juta bagi Universitas Nihon sehubungan dengan proyek pembangunan Rumah Sakit Itabashi oleh universitas tersebut.

Keduanya mengaku telah mengeluarkan dana senilai puluhan juta yen kepada Tanaka untuk membantu melancarkan proyek pembangunan rumah sakit tersebut.

Dalam penggeledahan yang dilakukan atas rumah Tanaka pada September 2021, penyidik menemukan uang tunai senilai lebih dari JPY200 juta.

Menanggapi penangkapan atas Tanaka, juru bicara Universitas Nihon mengatakan universitas akan bersikap kooperatif dan tidak menghambat investigasi yang dilakukan oleh kejaksaan.

Sumber: ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only