BI catat rasio utang luar negeri terhadap PDB menurun

Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Oktober 2021 terpantau menurun. Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi ULN pada bulan Oktober 2021 sebesar US$ 422,3 miliar.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, ULN tersebut turun 0,35% month on month (mom) dari posisi bulan sebelumnya yang sebesar US$ 423,8 miliar. 

Seiring dengan penurunan ULN tersebut, rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ikut turun yaitu di kisaran 36,1% PDB atau lebih rendah dari 37,0% pada bulan sebelumnya. 

“Struktur ULN Indonesia tetap sehat dan terkendali. Tercermin dari rasio utang terhadap PDB yang menurun,” ujar Erwin dalam keterangannya, Selasa (14/12). 

Selain itu, struktur ULN Indonesia tetap sehat, ditunjukkan oleh ULN Indonesia yang tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang, dengan pangsa mencapai 88,3% dari total ULN.

Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, BI dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan ULN, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

Peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian.

Sumber: kontan.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only