Kondisi Ekonomi & Diskon Pajak Buat Penjualan Rumah Tapak Stabil dalam 2 Tahun

Kondisi perekonomian yang semakin membaik dan juga dukungan pemerintah dengan memberikan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) bagi pembelian properti rumah inden, menyulut tekad para pengembang properti untuk terus berinovasi. Para pengembang ingin terus menghasilkan produk berkelas dengan harga terjangkau.

Tren menunjukkan, selama 2 tahun terakhir masa pandemi pasar rumah tapak relatif stabil. Kinerja penjualan produk properti terus menunjukkan peningkatan dan diprediksi akan berlanjut sepanjang tahun 2022

Masa awal pandemi di tahun 2020 juga menjadi titik balik bisnis properti PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR). Ini dibuktikan dengan suksesnya 4 kali peluncuran produk Cendana Homes Series. Keberhasilan LPKR berlanjut di tahun 2021 dengan 4 kali peluncuran proyek residensial dan 2 klaster komersial dimana seluruh unit yang ditawarkan dalam acara pemilihan unit, rata-rata habis terjual dalam waktu 3 jam.

CEO LPKR ,John Riady berpendapat bahwa kunci utama keberhasilan penjualan produk LPKR selama ini adalah lokasi dan akses.

“Proyek terbaru kami ‘Cendana Cove Verdant’ berlokasi sangat strategis dan satu-satunya, exclusive enclave di Lippo Village Central. Kemudahan akses jalan tol Jakarta-Tangerang, hanya 30 menit menuju Bandara Soekarno-Hatta dan akses ke berbagai fasilitas di Lippo Village, seperti kampus UPH, Siloam Hospitals, maupun Maxxboxx dan Supermal Karawaci, dapat ditempuh dengan kurang dari 15 menit,” ujar John di Jakarta, Kamis (10/2).

John mempercayakan desain rumah dua lantai Cendana Cove Verdant kepada desainer Alex Bayu. Cendana Cove Verdant yang akan diluncurkan pada 12 Februari 2022 menjadi produk unggulan LPKR di awal tahun dengan harga mulai Rp700-an juta.

Minat konsumen yang tinggi terbukti dari penjualan Priority Pass rumah inden Cendana Cove Verdant yang mencapai lebih dari 300 Priority Pass hanya dalam waktu 1 bulan. “Harga sangat terjangkau setara unit apartemen tetapi konsumen bisa dapat rumah landed 2 lantai,” Tambah John.

Cendana Cove Verdant menjadi proyek rumah tapak perdana yang diluncurkan LPKR mengawali tahun 2022. Dengan peluncuran Cendana Cove Verdant di Kuartal I/2022 ini LPKR memulai perjalanannya dalam mencapai target kinerja pra penjualan tahun 2022 sebesar Rp5,2 triliun.

PUPR: Diskon Pajak Bantu Penjualan Rumah Siap Huni

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan menilai kebijakan pemerintah terkait insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) atau diskon pajak perumahan telah membantu penjualan rumah siap huni atau ready stock.

Direktur Jenderal Perumahan, Iwan Suprijanto mengatakan, perkembangan harga properti komersial relatif stabil. Namun ada peningkatan pada triwulan III tahun 2021 sebesar 0,3 persen.

“Salah satunya dikarenakan adanya upaya pengembang untuk menghabiskan rumah ready stock dengan memanfaatkan insentif PPN DTP perumahan,” ujar Iwan dalam seminar daring di Jakarta, Jumat (4/2).

Dalam paparannya, Iwan juga menyampaikan bahwa pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan di sektor properti dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Menurut penelitian, pertumbuhan di sektor properti dapat membangkitkan pertumbuhan di 175 sektor usaha lainnya.

Maka dari itu dalam rangka mendukung pertumbuhan di sektor properti dibutuhkan dukungan dari semua pemangku kepentingan, untuk bersama-sama meningkatkan pertumbuhan di sektor properti yang berimbang untuk semua sektor dari menengah ke atas sampai dengan menengah ke bawah

Sumber : merdeka.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only