Menilik Dampak Kenaikan Harga Komoditas Terhadap Penerimaan Negara – Page 2

Kenaikan harga komoditas berdampak positif dan pada anggaran negara di tengah tekanan pandemi covid-19 saat ini. Bahkan ke depan kenaikan harga komoditas diproyeksi akan berdampak positif bagi kesehatan anggaran negara.

Ekonom Makroekonomi dan Pasar Keuangan LPEM FEB UI Teuku Riefky mengatakan kenaikan harga komoditas yang melonjak tinggi dan mencetak rekornya di beberapa komoditas berdampak positif terhadap anggaran negara.

Menurutnya, berdasarkan data di tahun 2021 ketika harga komoditas melejit maka berdampak dari penerimaan negara.

Pertama, dari sisi pajak penghasilan badan (PPh Badan) sektor pertambangan ini meningkat drastis. Kedua, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) juga meningkat drastis dikarenakan terbantu dengan harga pokok komoditas.

Ke depannya kenaikan harga komoditas masih akan berdampak positif terhadap penerimaan anggaran, namun dirinya belum dapat memastikan berapa tambahan penerimaan anggaran dari kenaikan harga komoditas tersebut.

“Karena kita harus melihat lagi ke depannya seberapa persisten harga komoditas yang tinggi ini. Karena kalau harga komoditas ini tingginya tidak terlalu lama maka dampaknya ini tidak akan terlalu terasa di anggaran pemerintah,” ujar Teuku kepada Kontan.co.id, Rabu (23/2).

Sumber : kontan.co.id

.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only