Ada Tidaknya Pandemi Covid-19, Ekonomi Syariah Banjir Tantangan

Ada Tidaknya Pandemi Covid-19, Ekonomi Syariah Banjir Tantangan

Liputan6.com

15 Mar 2022, 20:20 WIB

19

Liputan6.com, Jakarta Penerapan ekonomi syariah dinilai memiliki tantangan yang tak mudah baik di masa pandemi maupun dalam kondisi normal. Basis nilai-nilai Islam menjadi pegangan yang harus diterjemahkan dalam berbagai kebijakan pada sistem ekonomi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan salah satu nilai penting dalam ekonomi syariah yang telah lama diterapkan yakni integritas. Terjemahan dari upaya untuk tidak mengeksploitasi seseorang yang memiliki informasi tidak sama .

“Ada orang buat timbangan yang diselipkan barang jelek, ini sama seperti integritas. Makanya kalau bicara ekonomi syariah, basis valeu Islam ini sangat penting dan bisa diintegrasikan di kebijakan ekonomi,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (15/3).

Prinsip ekonomi syariah lainnya juga tentang keadilan. Keadilan di sini kata Sri Mulyani upaya untuk tidak mengesampingkan pihak tertentu dalam sebuah pengambilan kebijakan.

Maka, dalam hal ini pemerintah menghadirkan beasiswa bagi para masyarakat miskin untuk bisa mendapatkan kesempatan yang dalam hal pendidikan. Dana beasiswa tersebut didapat negara dari masyarakat yang kaya lewat pengenaan pajak yang dipungut pemerintah.

“Yang miskin kita kasih beasiswa untuk mendapatkan kesempatan yang sama. Duitnya dari pajak yang punya pendapatan. Jadi basic-nya ini sama dan konsisten,” kata dia.

Sumber : Liputan6.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only