Harga Minyak Sawit Melonjak, Malaysia Dapat Setoran Pajak Lebih Besar

Pemerintah Malaysia memperkirakan penerimaan dari windfall tax akan melampaui RM1 miliar atau setara dengan Rp3,4 triliun tahun ini seiring dengan melonjaknya harga rata-rata minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Menteri Industri Perkebunan dan Komoditas Datuk Zuraida Kamaruddin mengatakan pemerintah juga akan memperoleh tambahan penerimaan perpajakan dari industri dan ekspor minyak kelapa sawit yang diprediksi mencapai RM2 miliar.

“Perkembangan ini terjadi pada momen yang pas mengingat pemerintah telah menghabiskan miliaran ringgit selama 2 tahun terakhir untuk membantu mengatasi dampak Covid-19 pada masyarakat dan kemerosotan ekonomi,” katanya, Senin (21/3/2022).

Zuraida memperkirakan rata-rata harga CPO akan mencapai RM4.250 per ton dengan produksi 19 juta ton. Menurutnya, kenaikan harga CPO akan berdampak positif pada APBN dan turut membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Untuk diketahui, pemerintah mengenakan windfall tax pada industri kelapa sawit berdasarkan ambang batas harga pasar minyak mentah dalam negeri. Pemerintah meyakini windfall tax dapat membantu pelaksanaan berbagai program sosial dan ekonomi.

Beberapa program tersebut di antaranya membangun sekolah, rumah sakit, jalan raya, dan bantuan sosial untuk keluarga tidak mampu.

Di sisi lain, Kementerian Industri Perkebunan dan Komoditas berupaya menangkap peluang ekonomi di tengah kenaikan harga komoditas global. Misal, dengan membuka lebih banyak pasar ekspor untuk komoditas Malaysia seperti ke Iran, Turki, India, dan China.

“Beberapa negara telah meningkatkan pembelian produk-produk ini, sementara yang lain sedang menyelesaikan kesepakatan perdagangan,” ujar Zuraida.

Dia memperkirakan China akan mengimpor tambahan 500.000 ton minyak kelapa sawit dari Malaysia pada 2022, sedangkan India akan menjadi tujuan ekspor utama minyak kelapa sawit Malaysia karena menambah impor 2 juta ton pada tahun ini.

Menurutnya, India bakal menghadapi kekurangan minyak nabati karena ketergantungannya pada minyak bunga matahari dari Ukraina dan adanya perubahan kebijakan ekspor minyak kelapa sawit di Indonesia.

Untuk itu, Zuraida berharap kelapa sawit Malaysia dapat mengisi kekosongan pasokan minyak nabati di India.

“Kenaikan harga komoditas telah memberikan berkah kepada pemilik perkebunan di Malaysia, baik pada level konglomerasi maupun petani kecil, serta pelaku industri lainnya,” tuturnya seperti dilansir theedgemarkets.com.

Sumber: ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only