Permudah Setoran Pajak Produk Digital, Vietnam Luncurkan e-Tax Mobile

Pemerintah Vietnam telah meluncurkan aplikasi e-Tax Mobile untuk mempermudah pendaftaran dan penyetoran pajak atas kegiatan perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE).

Menteri Keuangan Ho Duc Phoc mengatakan e-Tax Mobile diperlukan menyusul maraknya transaksi pada e-commerce di Vietnam. Dia berharap aplikasi tersebut mampu meningkatkan penerimaan pajak atas PMSE.

“Ini akan memudahkan pemasok asing yang memiliki bisnis platform digital di Vietnam untuk mendaftar, melaporkan, dan membayar pajak,” katanya, dikutip pada Selasa (22/3/2022).

Phoc menuturkan Vietnam memiliki potensi besar dalam transaksi ekonomi digital. Menurut proyeksi Google, ekonomi digital Vietnam akan mencapai lebih dari US$52 miliar dan menempati peringkat ketiga di Asean pada 2025.

Sementara itu, Kepala Departemen Umum Perpajakan Cao Anh Tuan menyebut e-Tax Mobile telah memuat informasi mengenai UU Pajak di Vietnam secara komprehensif. Pelaku PMSE asing akan memperoleh informasi yang lengkap tentang kebijakan pajak ekonomi digital yang berlaku.

Menurutnya, Phoc telah memintanya memastikan portal dan aplikasi e-Tax Mobile dapat beroperasi dengan baik. Dengan aplikasi tersebut, otoritas akan memastikan semua pelaku PMSE yang ada di Vietnam patuh terhadap UU Pajak.

Sejumlah bank juga telah ditunjuk sebagai mitra otoritas pajak dalam menerima setoran pajak dari pelaku PMSE.

“Bank Negara Vietnam harus menginstruksikan bank-bank komersial untuk segera berkoordinasi dengan sektor pajak untuk menerapkan layanan tersebut,”

Kemenkeu mencatat pembayaran pajak oleh pelaku PMSE asing sepanjang 2018 hingga Desember 2021 telah melampaui VND4,4 triliun atau Rp2,75 triliun

Sumber : DDTC

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only