Ingin Tahu Progres Tanggapan SP2DK? Wajib Pajak Bisa Konfirmasi ke AR

Wajib pajak bisa menghubungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar untuk mengetahui proses lanjutan atas tanggapan yang diberikan untuk Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK). Secara lebih spesifik, wajib pajak bisa langsung mengontak account representative (AR) yang nomornya tercantum pada SP2DK.

“Kakak dapat langsung konfirmasi kepada KPP, dalam hal ini AR, yang menerbitkan SP2DK,” cuit akun @kring_pajak menjawab pertanyaan seorang netizen, dikutip Rabu (6/7/2022).

Penjelasan Ditjen Pajak (DJP) tersebut merespons pertanyaan seorang wajib pajak yang mengaku memperoleh SP2DK dan memberikan tanggapan tetapi belum ada kelanjutan dari pihak KPP.

“Apakah berarti sudah selesai? Atau ada tahapan selanjutnya?” tanya sebuah akun.

DJP menjelaskan, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Dirjen Pajak SE-05/PJ/2022, setelah wajib pajak memberikan tanggapannya maka KPP akan melakukan penelitian atas penjelasan yang diterima.

Kemudian, dalam hal pelaksanaan penelitian atas penjelasan yang diterima dari wajib pajak ternyata belum bisa menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi tindak lanjut, Kepala KPP berwenang mengundang wajib pajak untuk menghadiri pembahasan.
Sebagai pengingat, wajib pajak memang harus merespons SP2DK yang dikirim KPP. Alasannya, wajib pajak berpotensi diperiksa DJP apabila dalam laporan hasil pemeriksaan penjelasan atas data dan/atau keterangan (LHP2DK) disimpulkan wajib pajak tidak memberikan penjelasan atas SP2DK.

Bila wajib pajak menerima SP2DK, wajib pajak memiliki kesempatan memberikan penjelasan atas SP2DK dalam waktu 14 hari sejak tanggal SP2DK, tanggal kirim SP2DK, atau tanggal penyerahan SP2DK secara langsung kepada wajib pajak.

Penjelasan dari wajib pajak akan diterima oleh KPP untuk selanjutnya dilakukan penelitian untuk selanjutnya dicantumkan dalam LHP2DK. Penyusunan LHP2DK harus selesai paling lama 60 hari sejak tanggal disampaikannya SP2DK

Sumber : ddtc.co.id

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only