Begini Kondisi Ekonomi RI Dibanding Negara Lain, Mulai Inflasi hingga Suku Bunga

Jakarta Direktur Eksekutif Megawati Institute Arif Budimanta, menyebut inflasi Indonesia masih relatif terkendali dibandingkan negara lain yang tingkat inflasinya tinggi-tinggi.

“Indonesia inflasinya relatif masih terjaga 4,35 persen kalau kita bandingkan dengan Korea Selatan, Filipina, ataupun India yang relatif lebih tinggi ataupun bahkan Amerika yang mencapai 8,6 persen,” kata Arif dalam Diskusi Publik Megawati Institute, Senin (11/7/2022).

Tetapi pada sisi lain ada problematika yang menjadi konsen dari pemerintah bahwa pendorong utama inflasi atau kenaikan harga ini adalah harga bergejolak, terutama yang datang dari komponen bahan makanan.

“Kalau kita lihat angkanya posisi Juni 10,7 persen yoy (inflasi kelompok volatile) dan komponen bahan makanan sudah 9,57 persen yoy,” ujarnya.

Selanjutnya, jika dilihat respon terkait beberapa negara menariknya tidak semua negara merespon inflasi itu dengan menaikkan suku bunga. Misalnya, ada Amerika Serikat memang menaikkan suku bunga, India juga menaikkan suku bunga menjadi 4,9 persen.

Kemudian, Malaysia juga menaikkan suku bunga menjadi 2,25 persen. Tetapi yang menarik China menurunkan suku bunga 10 basis poin walaupun inflasinya terjadi peningkatan. Thailand relatif tetap suku bunganya 0,5 persen.

“Kalau kita lihat sisi suku bunga riil, memang posisi Indonesia relatif masih baik dibanding Amerika dan Katakanlah dibandingkan dengan India maupun Thailand,” ujarnya.

Sumber : liputan6.com

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only