Nilai Transaksi Pembayaran Pajak di Tokopedia Naik 3x Lipat

Tokopedia membukukan nilai transaksi pembayaran pajak yang signifikan pada pada semester I 2022. Tercatat, nilai transaksi pembayaran pajak
Tokopedia naik hampir 3 kali lipat dibanding periode yang sama di 2021.

Peningkatan ini terjadi berkat kolaborasi Tokopedia bersama Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI untuk mendorong transaksi pembayaran pajak melalui Tokopedia.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI, Suryo Utomo mengatakan, pihaknya memfasilitasi masyarakat agar dapat menunaikan kewajiban perpajakan negara melalui berbagai lembaga, termasuk e-commerce seperti Tokopedia.

“Hal ini dapat membantu meningkatkan kepatuhan masyarakat sekaligus mendorong penerimaan negara demi pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/7/2022).

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni berharap sinergi bersama pemerintah dapat terus meningkatkan animo masyarakat dalam berkontribusi pada penerimaan negara demi pemulihan ekonomi nasional.

“Kami juga akan terus berinovasi dalam menghadirkan lebih banyak kemudahan pembayaran pajak bagi masyarakat,” terangnya.

Selain dengan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI, Tokopedia juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis untuk mempermudah masyarakat memenuhi kewajiban perpajakan. Hal tersebut diwujudkan melalui kehadiran berbagai fitur, antara lain E-Samsat, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Modul Penerimaan Negara (MPN).

Untuk E-Samsat, selama semester pertama 2022, jumlah dan nilai transaksi E-Samsat melalui Tokopedia masing-masing meningkat hampir 1,5 kali lipat jika dibandingkan
dengan periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan untuk PBB Online, melalui kolaborasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), kemudahan dari fitur pembayaran PBB Online di Tokopedia menghasilkan kenaikan transaksi hampir 2 kali lipat pada semester pertama 2022 dibandingkan periode yang sama tahun 2021. Fitur PBB Online sendiri telah tersedia di lebih dari 160 kota/kabupaten di Indonesia.

Terakhir, lonjakan transaksi juga terjadi pada layanan MPN lewat Tokopedia, yakni mencapai hingga lebih dari 2 kali lipat, diikuti jumlah pengguna MPN yang tercatat mencapai hampir 3 kali lipat. Lewat MPN, masyarakat bisa membayar Pajak Penghasilan, Bea Cukai, Biaya Perpanjang Paspor hingga SIM, Biaya KUA dan masih banyak lainnya.

Sumber : cnbcindonesia

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only