Dirjen Pajak Evaluasi Pemanfaatan Insentif PPnBM DTP dan PPN Rumah DTP

JAKARTA – Ditjen Pajak Suryo Utomo menyatakan pemerintah akan terus mengevaluasi kebijakan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil ditanggung pemerintah (DTP) dan pajak pertambahan nilai (PPN) rumah DTP.

Suryo mengatakan pemanfaatan kedua insentif itu relatif kecil hingga Juli 2022. Realisasi pemanfaatan insentif PPnBM mobil DTP tercatat hanya Rp385 miliar atau 23% dari pagu Rp1,66 triliun, sedangkan PPN rumah DTP Rp104 miliar atau 6,1% dari pagu Rp1,7 triliun.

“Jadi yang memanfaatkan sepertinya tidak seperti yang kita ekspektasikan dari awal,” katanya dalam konferensi pers APBN Kita, Kamis (11/8/2022).

Suryo mengatakan DJP juga mengamati kinerja sektor otomotif dan properti yang dicatat Badan Pusat Statistik (BPS). Dari data tersebut, diketahui sektor konstruksi pada semester I/2022 mengalami pertumbuhan 8,1%, sedangkan real estat tumbuh 4,8%.

Sementara untuk industri secara keseluruhan, mengalami pertumbuhan 42%. Kinerja tersebut juga sudah termasuk untuk industri kendaraan bermotor.

Di sisi lain, Suryo menyebut data data penerimaan pajak yang dikumpulkan DJP menunjukkan industri otomotif sampai dengan Juli 2022 tumbuh 179%, sedangkan pada periode yang sama 2021 terjadi kontraksi. Adapun untuk sektor konstruksi dan real estat, sebetulnya juga tumbuh positif apabila model pemungutan PPN atas transaksi dengan pemerintah tidak diubah berdasarkan PMK 58/2022 dan PMK 59/2022.

Pada Juli 2022, penerimaan pajak dari sektor konstruksi dan real estat mengalami kontraksi 5,6%, sedangkan pada kuartal I/2022 tumbuh 12,4% dan kuartal II/2022 tumbuh 18,9%.

Suryo menyebut DJP akan terus mengamati kinerja sektor otomotif serta properti dan real estat hingga September 2022 sebelum memutuskan untuk memperpanjang atau menyetop pemberian insentif.

“Ini kira-kira gambaran yang kami coba gunakan untuk melakukan evaluasi terhadap insentif yang akan diberikan karena insentif bertujuannya untuk mendukung dan membantu peningkatan kapasitas dan pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor-sektor yang bersangkutan,” ujarnya.

Sumber : DDTCNews

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only