Ada Isu Exxon Mobil Akan Keluar dari RI

JAKARTA. Desas-desus kontraktor migas asal Amerika Serikat kembali hengkang dari Indonesia menyeruak. Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eddy Soeparno menyebutkan ExxonMobil berencana keluar dari Blok Cepu. Kontraktor asal AS lainnya, Chevron Pacific Indonesia juga berniat hengkang dari proyek IDD.

Sebelumnya ada ConocoPhilips yang sudah melepas asetnya di Indonesia.

Eddy Soeparno mengatakan, pekerjaan rumah pemerintah saat ini cukup besar, khususnya bagaimana pemerintah menciptakan iklim investasi yang menarik bagi para investor migas, terutama mereka yang memiliki kapasitas investasi berskala besar.

Sementara pemain besar migas punya pilihan berinvestasi di negara lain yang mungkin dari aspek regulasi fiskal, pengelolaan izin, jauh lebih mudah dan menarik dari Indonesia. “Kalau kami dengar dari beberapa pemain migas, semoga ini tidak benar, ExxonMobil akan exit (keluar) dari Indonesia di Blok Cepu apabila mendapatkan harga yang tepat. Shell sudah keluar dari Blok Masela, proyek IDD juga sudah ditinggal Chevron,” jelas Eddy, dalam sebuah forum diskusi, Kamis (18/8).

Dia juga melihat investasi global di sektor migas sudah menurun karena perusahaan migas internasional beralih menjadi perusahaan energi yang fokus pada aspek lingkungan. Ditambah lagi, lembaga keuangan sudah menghentikan pendanaan untuk pengelolaan produksi dari sumber energi fosil.

Melihat berbagai tantangan ini, Eddy menegaskan, iklim investasi di Indonesia perlu diperkuat kembali serta diperbaiki dengan cepat. Oleh karena itu, dia menyarankan, perlu task force yang betul-betul dapat bekerja dengan fokus, serta punya timeline yang ketat untuk merumuskan hal tersebut.

Plt. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Mohammad Kemal mengatakan, pihaknya belum pernah melihat proses formal Exxon akan keluar dari Blok Cepu.

Intinya SKK migas selalu berupaya mendorong iklim investasi melalui kepastian hukum (RUU Migas), insentif fiskal dan perpajakan untuk mendukung keekonomian lapangan dan sistem perizinan.

Sumber : Harian Kontan Jumat 19 Agustus 2022 hal 12

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only