Jadi Raja di Dunia, 34% Pasokan Timah Berasal Dari RI!

Indonesia adalah ‘pemain’ utama pasar timah di dunia. Pasalnya bumi pertiwi dianugerahi kandungan timah yang melimpah dan yang terbesar di dunia.

Menurut data Fitch Solution, Indonesia adalah produsen tambang timah terbesar kedua di dunia. Pada 2021, jumlah produksi tambang timah Indonesia sebesar 83.000 ton. Jumlah ini setara dengan 26% total produksi tambang dunia.

Sementara cadangan timah Indonesia menurut data USGS diperkirakan mencapai 800.000 ton pada 2021. Jumlah ini membuat bumi pertiwi menempati urutan kedua pemilik cadangan timah terbesar di dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Validasi Indonesia sebagai pemeran utama timah dunia semakin lengkap setelah Sang garuda juga merupakan eksportir timah terbesar di dunia, selain sebagai produsen tambang dan pemilik cadangan.

Indonesia berkontribusi terhadap 34,1% nilai ekspor timah dunia pada 2020, mengutip data OEC World. Nilainya mencapai US$ 1,29 miliar atau Rp19,22 triliun (kurs= Rp14.900/US$).

Fitch Solution memperkirakan pertumbuhan produksi dari produsen timah dunia utama, Indonesia, melandai. Karena peraturan lingkungan yang lebih ketat membatasi investasi.

Fitch memperkirakan produksi 2022 sebesar 83,42 ribu ton. Jumlah ini bertumbuh 0,5% dibandingkan produksi tahun lalu. Pertumbuhan ini melambat dibanding 2021 yang melesat 25% .

“Pasokan timah olahan Indonesia akan terkendala oleh pengetatan aturan negara untuk pengiriman timah, yang bertujuan untuk menindak kerusakan lingkungan dan penyelundupan serta meningkatkan penegakan pembayaran royalti dan pajak atas pengiriman,” tulis Fitch dalam risetnya.

“Kami memperkirakan produksi sebesar 78.530 ton pada tahun 2031, dibandingkan dengan perkiraan 83.000 ton pada tahun 2021,” tambahnya.

Indonesia juga memiliki PT Timah Tbk (TINS) yang menjadi perusahaan timah terbesar ketiga dunia. Fitch memperkirakan PT Timah Tbk (TINS) akan terus menjadi produsen timah terbesar di Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Sumber : cnbcindonesia

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WA only